Penyebab-Upload-google-drive-gagal

Kenapa Tidak Bisa Upload ke Google Drive? Ini Penyebabnya

Diposting pada

Google Drive merupakan salah satu layanan cloud storage yang memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai macam file dengan aman.

Khususnya bagi kalian yang punya banyak koleksi file yang membuat penyimpanan smartphone atau PC laptop penuh, maka sebaiknya dipindahkan ke Google Drive saja.

Namun terkadang ketika kita ingin mengupload file ke google drive tidak bisa dan mengalami kegagalan. Kira-kira kenapa ya?

Penyebab Tidak Bisa Upload ke Google Drive

Masalah semacam ini memang cukup sering dialami oleh pengguna GD. Nah tentu kita harus segera cari tahu penyebab dan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Koneksi Internet Buruk

Salah satu penyebab kegagalan upload ke Google Drive bisa dikarenakan koneksi internet yang kurang bagus.

Karena memang proses upload itu membutuhkan koneksi internet yang stabil agar file bisa diunggah ke server GD.

Baca Juga:  Ini 2 Pilihan Cara Mengcopy Caption IG dan Tipsnya 

Cobalah untuk mengunakan jaringan yang lebih stabil agar pengunggahan file berjalan dengan baik dan tidak gagal di tengah jalan.

Hapus Cache Aplikasi

Jika kalian melakukan proses upload melalui aplikasi di smartphone, maka bisa cek terlebih dahulu data cache yang ada di perangkat tersebut.

Bisa jadi cache yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja aplikasi dan membuat proses upload file ke Google Drive menjadi terganggu.

Kalian bisa cek melalui menu Setting, kemudian pilih Aplikasi, cari Google Drive, pilih Penyimpanan dan tap Clear Cache.

Ukuran File Besar

Google Drive memang sangat bermanfat untuk menyimpan berbagai macam file besar yang memenuhi ruang penyimpanan perangkat kita.

Namun perlu kalian perhatikan juga bahwa sebuah file yang besar akan lebih sulit untuk diupload daripada file berukuran kecil.

Jika file yang kalian unggah ukuranya puluhan giga, tentu membutuhkan internet yang cepat dan juga stabil.

Karena jika tidak, maka proses upload bisa saja terganggu di tengah jalan karena koneksi yang drop dan akhirnya gagal.

Baca Juga:  Cara Menyimpan File dan Foto di Google Drive di PC, Android dan iOS 

Penyimpanan GD Penuh

Banyak orang yang lupa bahwa ruang di penyimpanan Google Drive itu juga terbatas. Dimana untuk pengguna gratis, kalian akan diberikan kapasitas sebesar 15 GB untuk menyimpan berbagai macam file.

Nah jika ruang penyimpanan tersebut sudah penuh, maka tentu kalian tidak akan bisa mengupload file lainnya lagi. Jadi pastikan dulu bahwa ada ruang penyimpanan yang tersisa di Google Drive kalian.

Server Google Gangguan

Jika sekiranya tidak ada masalah para perangkat maupun jaringan, bisa jadi error disebabkan oleh adanya gangguan pada server Google itu sendiri.

Sehingga proses upload kita akan terganggu dan tidak bisa terunggah ke server mereka. Jadi kita hanya bisa menunggu sampai proses perbaikan dilakukan.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi tidak bisa upload file ke Google Drive. Cloud Storage yang satu ini memang sangat berguna untuk menyimpan berbagai macam file dengan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *