Spotify Wrapped

Spotify Wrapped: Pengertian dan Cara Membuatnya 

Diposting pada

Spotify Wrapped adalah salah satu fitur Spotify yang menampilkan statistik tentang musik yang Anda dengarkan sepanjang tahun. Anda mungkin mengetahui adanya fitur ini dari unggahan media sosial teman. Memamerkan daftar musik favorit selama setahun belakangan ternyata juga salah satu hal menarik bagi banyak pengguna, apalagi hubungannya dengan kepribadian.  

Apa Itu Spotify Wrapped? 

Spotify Wrapped

Spotify Wrapped sendiri merupakan sebuah fitur yang berisi rangkuman atau kilas balik  pengguna selama satu tahun belakangan di platform streaming tersebut. Anda dapat melihat artis, lagu, genre, dan podcast favorit Anda, serta waktu total yang Anda habiskan untuk mendengarkan Spotify. Fitur ini tersedia setiap akhir tahun dan dapat diakses melalui aplikasi atau situs web Spotify. 

Fitur khas di Spotify yang menunjukkan pengalaman audio pengguna Spotify sepanjang tahun ini menyajikan rangkuman berupa kategorisasi musik yang paling sering didengar, genre yang disukai, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 10 kategori yang nantinya akan muncul dalam fitur ini yang nantinya disajikan dengan visual menarik, antara lain: 

  • Artis favorit: kategori ini menunjukkan lima artis yang paling sering didengarkan pengguna sepanjang tahun. 
  • Lagu favorit: kategori ini menunjukkan lima lagu yang paling sering diputar pengguna sepanjang tahun. 
  • Genre favorit: kategori ini menunjukkan lima genre musik yang paling disukai pengguna sepanjang tahun. 
  • Podcast favorit: kategori ini menunjukkan lima podcast yang paling sering didengarkan pengguna sepanjang tahun. 
  • Waktu mendengarkan: kategori ini menunjukkan jumlah jam yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan musik dan podcast di Spotify sepanjang tahun. 
  • Kebiasaan: kategori ini memprediksi bagaimana kebiasaan pengguna berdasarkan data yang dikumpulkan Spotify meliputi menentukan apa yang ingin didengar dan beberapa kategori di atas  
Baca Juga:  Kode Promo Gojek: Syarat, Ketentuan Cara Pakai dan Contohnya  

Wrapped di Spotify juga menampilkan beberapa fakta menarik lainnya, seperti lagu yang paling banyak diputar di hari tertentu, artis yang paling banyak diputar di negara tertentu, atau lagu yang paling cocok dengan suasana hati pengguna. pengguna juga dapat membandingkan preferensi musiknya sendiri dengan teman mereka atau orang-orang lain dari seluruh dunia. 

Kilas balik Spotify ini bisa menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mengenang momen-momen berharga diiringi musik dan suara pilihan sepanjang tahun. Tak hanya itu, konten ini juga bisa membuat pengguna lebih terlibat dan terhibur selama berada di platform audio terkemuka ini. Tak ada salahnya pula apabila carousel menarik ini dibagikan ke teman-teman lain sebagai inspirasi atau referensi tambahan mereka. 

Bagaimana Cara Membuat Spotify Wrapped?  

Meskipun sekedar kilas balik setahun, nyatanya fitur dari platform yang satu ini juga bisa jadi bahan menarik untuk postingan media sosial. Nah, apabila ingin mencoba membuat wrapped untuk Anda sendiri, silakan ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:   

  1. Buka aplikasi Spotify (versi terbaru) di ponsel atau kunjungi website Spotify 
  2. Klik “Search” lalu temukan opsi “Spotify Wrapped 2022”  
  3. Klik “Your Wrapped is Here”  
  4. Anda akan melihat kumpulan papan cerita (carousel) yang menyajikan rangkuman aktivitas Anda selama platform Spotify 
  5. Selanjutnya, Anda bisa tombol “Share” (di bawah layar) untuk langsung membagikan carousel tersebut ke media sosial   
  6. Selesai  
Baca Juga:  Cara Mengatasi Error 4102 Alight Motion Android

Akhir Kata 

Sudah siap membuat Spotify Wrapped  tentang kilas balik tentang apa saja yang sudah Anda dengarkan di Spotify setahun ini? Ya, jika hasilnya menarik, tak ada salahnya untuk dibagikan dengan teman-teman bukan? Namun jika hasilnya kurang memuaskan Anda, mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi tentang apa yang akan Anda dengarkan selanjutnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *