Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Apa Itu Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee? 

Diposting pada

Pesanan sedang diverifikasi Shopee adalah status proses transaksi dimana penjual sedang menunggu konfirmasi pembayaran dari Shopee sebelum mengirim barang. Tak sedikit pengguna Shopee yang belum memahami apa maksud dari status ini. Kurangnya pengetahuan ini kemudian memicu komplain dari pihak pembeli kepada penjual, maupun ke Shopee yang menandakan pengalaman kurang menyenangkan.  

Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee: Yang Perlu Anda Ketahui 

Perlu Anda ketahui bahwa proses verifikasi pesanan Shopee bertujuan untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi pembeli dan penjual di platform Shopee. Dengan melakukan verifikasi pesanan, maka baik itu pihak pembeli maupun penjual bisa saling percaya dan bekerja sama demi mencapai kepuasan bersama. Pengguna pun perlu memahami akan hal ini sebagai bagian dari mekanisme mendasar dalam perlindungan belanja online sehingga tidak ada hal yang perlu membuat pengguna cemas. 

Pesanan Sedang Diverifikasi Shopee

Nah, salah satu tahapan dari proses verifikasi tersebut adalah ” Pesanan Sedang Diverifikasi”. Pada tahap ini, artinya pihak penjual masih menunggu konfirmasi pembayaran dari platform Shopee sebelum akhirnya mengirimkan barang pesanan pembeli. Dengan kata lain, penjual masih belum berani mengirimkan pesanan karena ‘mungkin’ pihak Shopee masih belum mengonfirmasi pembayaran, misalnya. 

Untuk memastikan penjual benar-benar melakukan pemesanan, Shopee tentunya memiliki mekanisme tersendiri. Setelah pemesanan telah terkonfirmasi di platform Shopee, barulah sistem akan meneruskan orderan tersebut kepada penjual. Apabila tidak, maka pesanan tersebut tidak diteruskan kepada penjual dan meminta pembeli untuk melakukan koreksi atau pemesanan ulang. 

Baca Juga:  Bayar Shopee via SMS Banking? Mudah Saja Langkahnya 

Lamanya Proses Verifikasi Pesanan 

Lamanya proses verifikasi ini biasanya berlangsung selama 1-2 jam saja. Akan tetapi, pada situasi tertentu juga bisa menjadi lebih lama dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi karena ada masalah dengan sistem atau metode pembayaran yang pengguna pilih.  

Hal yang Bisa Anda Lakukan 

Jika pesanan Anda tidak berhasil verifikasi oleh pihak Shopee, maka pesanan akan batal secara otomatis dan dana akan dikembalikan ke akun Anda. Jika pembayaran sudah diverifikasi, status pesanan akan berubah menjadi “Siap Dikirim” dan penjual akan mendapatkan notifikasi untuk mengemas dan mengirim barang. Jadi, selama tahap ini, Anda mungkin hanya bisa menunggu sambil sesekali memeriksa status pesanan.  

Tentang Pembatalan Pesanan 

Pesanan yang sedang diverifikasi tidak bisa dibatalkan oleh pembeli atau penjual. Namun, Anda dapat melakukannya dengan mengajukan permintaan pembatalan sebelum pesanan dikirim dengan klik “Batalkan Pesanan” melalui halaman Rincian Pesanan. Jika pembayaran tidak diverifikasi dalam waktu 24 jam, pesanan akan otomatis dibatalkan dan uang akan dikembalikan ke akun ShopeePay atau sumber pembayaran lainnya. 

Tips Menghindari Kendala Verifikasi Pesanan di Shopee 

Ternyata, proses verifikasi pesanan di Shopee ini juga bisa mengalami kendala jika terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data, seperti nomor telepon, alamat email, kode OTPmaupun bukti pembayaran. Nah, untuk mencegah kendala verifikasi pesanan di Shopee, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan: 

1. Pastikan Data Anda Valid 

Pastikan nomor telepon dan alamat email yang digunakan untuk mendaftar atau masuk ke akun Shopee adalah valid dan aktif. Jika perlu, lakukan verifikasi ulang nomor telepon dan alamat email melalui menu Pengaturan Akun. 

Baca Juga:  Apa Itu Gestun Shopee Paylater? Trik Mencairkan Saldo Paylater

2. Pastikan Kesesuaian Kode Saat Transfer Bank 

Jika Anda melakukan pembayaran melalui transfer bank, pastikan memasukkan kode unik yang diberikan oleh Shopee pada kolom referensi atau berita transfer. Kode unik ini berguna untuk mempermudah proses verifikasi pembayaran oleh Shopee. 

3. Pastikan Memasukkan Kode OTP dengan Benar 

Saat hendak memasukkan kode OTP (One Time Password) ketika melakukan verifikasi pesanan, pastikan memasukkan kode yang benar dan sesuai dengan yang dikirimkan oleh Shopee melalui SMS atau email. Jangan berbagi kode OTP dengan pihak lain yang mengaku sebagai penjual atau staf Shopee sekalipun. 

4. Usahakan Selalu Ambil Screenshot 

Saat sistem meminta Anda untuk mengunggah bukti pembayaran saat melakukan verifikasi pesanan, pastikan Anda mengunggah foto atau screenshot yang jelas dan terbaca dari slip transfer, struk ATM, atau halaman konfirmasi pembayaran. Jangan mengunggah foto atau screenshot yang buram, terpotong, atau tidak relevan dengan pembayaran. 

5. Hubungi Layanan Pelanggan Shopee 

Jika mengalami kendala verifikasi pesanan yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri, baiknya segera hubungi layanan pelanggan Shopee melalui fitur Live Chat atau Hotline yang tersedia di aplikasi atau situs web Shopee. Sampaikan masalah yang Anda alami dengan jelas dan lengkap, serta lampirkan bukti pendukung jika ada. 

Akhir Kata 

Kini Anda sudah lebih memaham tentang maksud dari status pesanan sedang diverifikasi Shopee bukan? Pada intinya, proses ini bertujuan agar pembeli dan penjual melakukan transaksi dengan benar dan aman. Tak ada salahnya pula Anda menerapkan beberapa tips tadi untuk mencegah kendala verifikasi pesanan di Shopee sekaligus memperlancar proses transaksi antara pembeli dan penjual. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *