Perbedaan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Indonesia

Diposting pada

Pendahuluan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan. Terdapat perbedaan signifikan antara surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, baik dari segi struktur, format, maupun penggunaan bahasa. Artikel ini akan membahas perbedaan-perbedaan tersebut.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Pertama-tama, mari kita bahas perbedaan struktur surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Sedangkan dalam bahasa Inggris, struktur surat lamaran kerja umumnya terdiri dari introduction, body, dan closing.

Dalam surat lamaran kerja bahasa Indonesia, bagian pembukaan biasanya dimulai dengan menyebutkan posisi yang dilamar dan dari mana informasi lowongan pekerjaan tersebut didapat. Selanjutnya, dalam bagian isi, pelamar akan menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan motivasi yang dimiliki. Terakhir, pada bagian penutup, pelamar akan menyatakan harapannya untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut.

Baca Juga:  Unsur Sistem Kepercayaan

Sementara itu, surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris memiliki struktur yang lebih formal. Pada bagian introduction, pelamar akan memberikan salam pembuka dan menyebutkan posisi yang dilamar. Kemudian, pada bagian body, pelamar akan menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan alasan mengapa ia cocok untuk posisi tersebut. Di bagian closing, pelamar akan menyatakan kesiapannya untuk menjalani proses seleksi lebih lanjut.

Format Surat Lamaran Kerja

Terdapat juga perbedaan dalam format surat lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia umumnya ditulis dalam format blok yang artinya setiap paragraf diawali dengan indentasi atau jarak. Sedangkan dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja umumnya ditulis dalam format semi-blok, dimana setiap paragraf diawali dengan indentasi tetapi tidak ada jarak antara paragraf.

Format surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris juga memerlukan penulisan tanggal yang lebih spesifik. Umumnya, tanggal ditulis dengan format bulan-hari-tahun (month-day-year) seperti 20 September 2022. Sementara itu, surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia umumnya menggunakan format hari-bulan-tahun (day-month-year) seperti 20 September 2022.

Baca Juga:  Terangkan tentang Persamaan dan Perbedaan Informatika Fase SMP dengan Fase

Penggunaan Bahasa

Perbedaan terakhir yang akan kita bahas adalah penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia umumnya menggunakan bahasa yang lebih santai dan informal. Pemilihan kata-kata juga cenderung lebih bebas dan tidak terlalu formal.

Di sisi lain, surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris menggunakan bahasa yang lebih formal dan terstruktur. Pemilihan kata-kata menjadi lebih hati-hati dan penuh pertimbangan. Penggunaan tata bahasa yang benar dan penempatan tanda baca juga menjadi lebih penting.

Kesimpulan

Dalam mencari pekerjaan, penting bagi pelamar untuk memahami perbedaan antara surat lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja memiliki struktur dan format yang lebih formal, sedangkan dalam bahasa Indonesia cenderung lebih santai. Penggunaan bahasa juga menjadi perbedaan signifikan antara keduanya. Dengan memahami perbedaan ini, pelamar dapat menyusun surat lamaran kerja yang sesuai dengan standar yang berlaku dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *