Indikator BCA Mobile Berwarna Merah

Indikator BCA Mobile Berwarna Merah, Begini Solusinya

Diposting pada

Indikator BCA Mobile berwarna merah adalah tanda yang menunjukkan adanya masalah dengan koneksi internet perangkat pengguna. 

Salah satu kendala yang pengguna aplikasi pebankan ini keluhkan adalah penanda berwarna merah yang menyebabkan transaksi menjadi terganggu. 

Nah, apabila Anda juga mengalami kendala serupa, silakan simak penjelasan terkait penyebab dan opsi solusi yang bisa Anda coba berikut ini. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Indikator BCA Mobile Berwarna Merah 

Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi BCA Mobile adalah aplikasi yang memungkinkan nasabah Bank Central Asia (BCA) untuk melakukan transaksi perbankan melalui smartphone atau tablet. 

Artinya, aplikasi ini memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer, bayar tagihan, beli pulsa dan sebagainya dari mana saja kapan saja. 

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti PIN, fingerprint, dan face ID untuk melindungi akun nasabah dari akses yang tidak sah. 

Namun ada kalanya, masalah ini juga mengalami gangguan, salah satunya ditandai dengan munculnya indikator merah pada tampilan aplikasi. 

Penyebab Indikator Merah di BCA Mobile 

Indikator BCA Mobile Berwarna Merah

Jika Anda mendapati tanda ini muncul di aplikasi BCA Mobile Anda, ada beberapa kemungkinan penyebabnya yang perlu Anda ketahui. 

Masing-masing penyebab berikut ini pun memiliki langkah penanganan yang bisa berbeda, antara lain: 

Kuota Internet Tidak Cukup 

Tanpa Anda sadari, ada kemungkinan bahwa kuota internet tidak mencukupi atau sudah habis sehingga aplikasi tidak dapat terhubung ke server. 

Baca Juga:  Jangan Bingung, Begini Cara Keluar dari Youtube Family dengan Mudah 

Untuk memastikan penyebab ini, Anda bisa memeriksa sisa kuota Anda melalui aplikasi penyedia layanan internet atau SMS ke nomor tertentu sesuai dengan operator Anda. 

Koneksi Internet Bermasalah 

Selain kuota, jaringan internet yang tidak stabil atau terganggu juga bisa membuat aplikasi tidak bisa mengakses data dari server BCA. 

Selain kemungkinan gangguan dari pihak provider, gangguan sinyal ini bisa terjadi pula karena faktor eksternal, seperti cuaca, lokasi atau interferensi dari perangkat lain.  

Guna memastikan penyebab masalah ini, Anda bisa mengecek kekuatan sinyal internet Anda di pojok kanan atas layar perangkat Anda.  

Apabila bar sinyal hanya berisi 2-3 batang saja, atau tidak ada penanda seperti LTE, 4G aatau 5G, artinya sinyal Anda lemah atau bahkan tidak ada akses. 

Kesalahan Pengaturan Internet 

Ada beberapa pengaturan internet perangkat yang dapat memicu konflik dengan aplikasi perbankan, misalnya mode hemat data, VPN ataupun firewall.  

Coba periksa kembali, apakah Anda mengaktifkan salah satu mode koneksi atau pengaturan sambungan lainnya di perangkat yang dapat mempengaruhi akses data ataukah tidak.   

Masalah Versi Aplikasi 

Sebagai salah satu aplikasi yang masuk dalam katoegir sensitif, wajar apabila pengembang BCA Mobile mengutamakan keamanan aplikasinya. 

Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan versi lawas aplikasi BCA Mobile Anda memang tidak diizinkan mengakses server demi alasan keamanan. 

Selain itu, ada pula kemungkinan bahwa aplikasi yang sudah lawas memang memiliki bug yang dapat mengganggu akses ke layanan. 

Cara Mengatasi Indikator Merah di BCA Mobile 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut: 

Isi Paket atau Hubungkan ke WiFi 

Pastikan kuota internet Anda masih cukup dan sesuai dengan paket yang Anda gunakan. Jika kuota habis atau tidak cukup, segera isi ulang atau ganti paket yang lebih besar. 

Baca Juga:  TikTok Lite APK, Tetap Optimal Meski dengan Keterbatasan 

Pertimbangkan pula  untuk menghubungkan peangkat ke jaringan WiFi yang aman, seperti di rumah misalnya, bukan WiFi publik yang bisa saja berisiko. 

Coba Beralih Jaringan 

Jika kualitas sinyal buruk, pertimbangkan untuk pindah ke lokasi yang lebih terbuka atau memungkinkan penangkapan sinyal yang lebih baik, termasuk sinyal dari router. 

Jika belum berhasil, coba untuk beralih ke opsi jaringan lain seperti kartu SIM lainnya, mengaktifkan mode pesawat lalu menonaktifkannya, mengganti APN provider. 

Sesuaikan Pengaturan Internet Perangkat 

Coba untuk menonaktifkan mode hemat data, VPN atau pengaturan firewall di peangkat Anda sebelum mencoba menggunakan BCA Mobile kembali.  

Jika pengaturan sudah sesuai tapi masih bermasalah, coba reset pengaturan jaringan perangkat Anda, bukan reset pabrik. 

Update Aplikasi BCA Mobile  

Coba cek di PlayStore atau AppStore untuk mengetahui apakah aplikasi Anda sudah versi terbaru atau belum. 

Jika gangguan masih saja muncul, coba untuk menghapus cache aplikasi BCA Mobile dari pengaturan perangkat lalu nyalakan ulang perangkat Anda. 

Apabila masih belum ada perubahan, silakan coba hapus Data BCA Mobile atau instal ulang aplikasinya untuk mencoba login kembali.  

Jika tidak, coba instal aplikasi di perangkat kedua milik Anda, atau milik keluarga Anda yang terpercaya untuk mencoba mengakses aplikasi.   

Akhir Kata 

Indikator BCA Mobile berwarna merah memang bisa saja terjadi mengingat aplikasi ini memang membutuhkan koneksi ke server. 

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BCA di nomor 1500888 atau melalui email di [email protected] untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 

Semoga membantu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *