FB Lite APK

Ketahui 3 Perbedaan FB Lite APK dengan Versi Reguler Ini 

Diposting pada

FB Lite APK adalah file instalasi aplikasi Facebook versi ringan untuk perangkat dengan sistem operasi android. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang lebih ramah bagi pengguna yang memiliki ponsel android lawas atau yang memiliki keterbatasan spesifikasi. Selain itu, versi Lite ini juga lebih ramah kuota internet. Haruskah Anda juga menggunakannya?  

FB Lite APK vs Versi Reguler, Kelebihan dan Kekurangannya 

Sederhananya, aplikasi Facebook Lite ini adalah versi ringan dari aplikasi Facebook reguler. Versi yang memiliki ikon dominan warna putih ini hadir untuk mengakomodir Facebookers yang menggunakan ponsel dengan spesifikasi perangkat yang minim. Secara perbandingan ukuran, Facebook Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan internal sekitar 10 MB, sementara Facebook reguler bisa lebih dari 200 MB. 

Selain itu, Meta juga merancang agar aplikasinya tetap handal meski kualitas koneksi internet pengguna kurang baik. Versi ini menerapkan mekanisme khusus agar pengguna tetap bisa terhubung di Facebook meskipun perangkat hanya mendapatkan akses ke jaringan 2G sekalipun. Tentunya aplikasi ini bisa jadi pilihan ideal bagi pengguna yang tinggal di daerah yang masih kurang terjangkau oleh akses internet berkualitas. 

Baca Juga:  Cara Download Foto di Google Drive di Android, iOS dan Windows 

Perbedaan FB Lite dan FB Reguler

FB Lite APK

Meski demikian, Anda yang sudah terbiasa mengakses Facebook reguler, pasti akan segera menyadari adanya perbedaan di versi Lite ini. Ya, Anda bisa melihat beberapa perbedaan di antara kedua aplikasi resmi tersebut, mulai dari tampilan, performa, dan fitur tambahan. Namun demikian, pengguna kasual mungkin tidak akan terlalu mempemasalahkan perbedaan keduanya. 

Perbedaan Tampilan 

Facebook Lite memiliki tampilan yang cenderung lebih bersih, sederhana, tanpa banyak animasi atau efek visual. Bagi sebagian orang, tampilan semacam ini mungkin terkesan membosankan. Namun sisi positifnya, perangkat tidak perlu bekerja keras untuk menjalankan animasi dan efek yang tidak terlalu berguna. 

Perbedaan Performa 

Bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi mumpuni, mungkin perbedaan kinerja di antara kedua aplikasi ini tidak akan terlalu terasa. Namun sebaliknya, performa Facebook Lite bisa lebih cepat pada perangkat-perangkat lawas atau yang spesifikasinya pas-pasan. Hal ini karena FB Lite tidak memiliki fitur yang haus resource seperti video ataupun game.  

Perbedaan Fitur Tambahan 

Demi memberikan kinerja optimal dengan ukuran yang ringkas, maka sebagian fitur harus absen di FB Lite. Beberapa fitur tambahan yang dipangkas seperti Marketplace, Watch, Gaming, Dating atau Portal. Untungnya, fitur utama seperti News Feed, Messenger, Stories, Groups, Pages dan beberapa lagi lainnya masih tersedia. 

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Facebook Lite  

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin masih bingung, apakah ingin mencoba FB Lite atau tetap memaksa menggunakan versi reguler. Untuk memudahkan pertimbangan Anda, silakan simak kelebihan dan kekurangan FB Lite berikut ini: 

Baca Juga:  Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power via Fastboot 

Kelebihan FB Lite 

  • Akses ke Facebook yang lebih praktis jika dibandingkan Anda membuka Facebook di aplikasi browser 
  • Anda tetap dapat menggunakan aplikasi Facebook resmi dengan fitur mendasar di ponsel lawas atau low entry yang mulai kehabisan penyimpanan dan memori 
  • Anda juga tetap nyaman terhubung dengan teman meskipun koneksi internet sedang naik turun, dan Anda juga bisa lebih hemat kuota 

Kekurangan FB Lite 

  • Tampilan yang bersih justru bisa terkesan monoton atau membosankan, meskipun Anda mungkin lebih banyak melihat konten daripada tampilan aplikasi FB itu sendiri  
  • Meski begitu, konten yang bisa Anda nikmati di FB Lite mungkin juga sudah mengalami kompresi, misalnya video degan kualitas SD (bukan HD)  
  • Anda juga tidak bisa mengakses beberapa fitur, layanan atau produk Facebook yang lain saat menggunakan FB Lite ini 

Akhir Kata 

FB Lite APK bisa jadi alternatif aplikasi resmi yang memberikan akses mudah ke Facebook tanpa terlalu membebani perangkat dan kuota internet Anda. Beberapa fitur populer seperti Marketplace, Watch dan Gaming emang tidak bisa Anda akses. Namun dengan benefit yang ia tawarkan, layak jika Anda mempertimbangkan untuk menginstal aplikasi ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *