Cleaner PC Terbaik

Ini 3 Rekomendasi Aplikasi Cleaner PC Terbaik 

Diposting pada

Cleaner PC terbaik dalam daftar rekomendasi kali ini bisa pengguna pertimbangkan untuk mengoptimalkan kinerja laptop maupun PC desktop. 

Meskipun sistem operasi terus dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi, unit PC akan tetap mengalami penurunan kinerja seiring waktu. 

Terlebih untuk perangkat yang terbilang intens untuk bekerja sehari-hari, memerlukan aplikasi pembersih yang handal. 

Manfaat Pembersih Sistem dan Rekomendasi Cleaner PC Terbaik 

Cleaner PC Terbaik

Ya, aplikasi cleaner PC atau juga banyak disebut sebagai PC optimizer merupakan software untuk membantu membersihkan file sampah. 

Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja komputer agar selalu dalam kondisi terbaik.  

Untuk meningkatkan efektifitasnya, aplikasi cleaner pun biasanya juga memiliki fungsi tambahan seperti memperbaiki error registry hingga memperbarui software penting.  

Lebih lanjut, tak sedikit pula aplikasi semacam ini yang juga efektif untuk meningkatkan keamanan perangkat maupun data penggunanya. 

Kegunaan Aplikasi Cleaner di Komputer 

Untuk memberikan gambaran lebih lanjut, tak ada salahnya Anda menyimak beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi cleaner ini: 

Membersihkan File Sampah 

Sesuai namanya, fungsi utama dari aplikasi semacam ini adalah untuk membersihkan sistem operasi dari berbagai macam file sampah. 

File sampah yang dimaksud ini bisa meliputi file cache browser, temporary file, download history hingga file log.  

File sampah yang terlalu banyak dapat membebani sistem karena keterbatasan ruang yang tersedia untuk kebutuhan aplikasi dan sistem. 

Melindungi Privasi Pengguna  

Menariknya, fungsi utama aplikasi cleaner ini juga bisa menjadi langkah untuk membantu mengamankan privasi pengguna.  

Hal ini karena aplikasi cleaner juga dapat menghapus data pribadi seperti riwayat browsing maupun riwayat download, mencegah aplikasi pengintai mengumpulkan data. 

Baca Juga:  Rekomendasi 7 Aplikasi AI di Android dan iOS dari Aneka Kategori 

Opsi semacam ini penting apabila PC intens dipergunakan untuk menjelajah internet.  

Memperbaiki Error Registry 

Sekedar informasi, registry Windows merupakan basis data terkait informasi tentang sistem operasi maupun program yang terinstal.  

Seiring penggunaan, ada kemungkinan registry yang tidak sesuai, rusak atau bahkan salah hingga memicu suatu aplikasi menjadi macet atau tidak stabil. 

Beberapa aplikasi cleaner PC memiliki fitur memindai dan memperbaiki error registry sehingga membantu memastikan stabilitas dan kinerja aplikasi dan PC. 

Meningkatkan Kinerja Komputer 

Tak sedikit pula aplikasi cleaner yang mampu menonaktifkan startup program yang tidak perlu, mengoptimalkan pengaturan sistem dan melakukan defrag hard drive. 

Melalui fitur berguna semacam ini, tak mengherankan apabila aplikasi pembersih ini juga terkenal sebagai aplikasi optimasi komputer.  

Dengan kondisi yang terbaik, PC akan memberikan kinerja maksimal sekaligus lebih memiliki masa pakai yang bisa lebih lama dari minimnya crash. 

Rekomendasi Aplikasi Cleaner untuk Komputer 

Saat Anda mencari software yang membantu membersihkan sampah di komputer, ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih. 

Banyaknya pilihan ini, bisa saja membuat Anda bingung menentukan pilihan. Memudahkan Anda, berikut ini daftar yang bisa Anda jadikan referensi: 

Disk Cleanup Bawaan Windows 

Cleaner PC Terbaik

Ya, Disk Cleanup adalah salah satu alat bawaan Windows yang dapat membantu pengguna membebaskan ruang penyimpanan di komputer mereka. 

Anda tidak perlu menginstal apapun lagi ke komputer karena fitur ini merupakan alat yang disertakan bersama dengan instalasi Windows.  

Alat yang mudah untuk dipergunakan ini hanya akan menghapus file dari kategori aman untuk dihapus sehingga tidak akan membahayakan sistem. 

Selain efektif untuk menghapus sampah seperti file cache browser, temporary file, riwayat download dan log, ia juga dapat membersihkan file Windows Update dan file Installer. 

Baca Juga:  Pilihan Cara Repair Windows 10 Sesuai Kondisi Kerusakan 

Sayangnya, alat ini tidak memiliki fungsi optimizer startup dan registry cleaner seperti aplikasi pihak ketiga. 

CCleaner  

Aplikasi yang satu ini tergolong sebagai alat yang dapat mengoptimalkan kinerja komputer secara keseluruhan. 

Dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, CCleaner tetap efektif dalam menghapus sampah dan memperbaiki error registry. 

Aplikasi dengan bahasa Indonesia ini juga hadir dengan fitur premium yang memiliki fungsi dan fitur tambahan, seperti pembersihan aman, defrag hard drive dan pembaruan driver. 

Meski begitu, versi gratis dari aplikasi ini sendiri terbilang sudah cukup untuk pengguna awam sekaligus bebas risiko tak sengaja menghapus file penting.  

IObit Advanced SystemCare 

Perlu Anda ketahui bahwa IObit merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak yang terkenal dengan bermacam aplikasi untuk tujuan optimasi komputer. 

Pengembang ini menawarkan aplikasi seperti IObit Advanced SystemCare, IObit Driver Booster dan IObit Uninstaller. 

Nah, aplikasi IObit Advanced SystemCare memiliki kemampuan untuk pembersihan komprehensif, termasuk data pribadi dan memperbaiki error registry. 

Aplikasi ini juga dapat menonaktifkan startup program, mengoptimalkan pengaturan sistem dan melakukan defragmenting hard drive. 

Sebagai tambahan, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur berguna lainnya seperti antivirus, firewall dan pengoptimalan sistem. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa beberapa fitur hanya tersedia di versi berbayar. 

Selain itu, sebaiknya aplikasi ini hanya diinstal pada PC yang memiliki spesifikasi tinggi karena justru bisa menjadi beban tambahan bagi sistem. 

Akhir Kata 

Sudah lebih memahami tentang apa itu cleaner dan referensi Cleaner PC terbaik untuk komputer Anda? 

Sebaiknya, pilihlah aplikasi yang menawarkan fitur yang Anda butuhkan dan tak cenderung asal memilih yang banyak fiturnya saja. 

Selain itu, apabila Anda mengincar aplikasi berbayar, sebaiknya coba versi gratis terlebih dahulu untuk menguji kinerja aplikasi tersebut di sistem Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *