Cara Stop Orang Melihat Pesan WhatsApp

Cara Stop Orang Melihat Pesan WhatsApp untuk Keamanan dan Privasi 

Diposting pada

Cara stop orang melihat pesan WhatsApp mungkin menjadi salah satu perhatian pengguna yang meragukan keamanan dan privasi mereka. 

Semakin populernya WhatsApp sebagai salah satu sarana komunikasi saat ini, wajar jika muncul kekhawatiran akan adanya oknum tak bertanggungjawab.  

Bisa saja, ada orang-orang yang mengintip atau melihat isi pesan yang pengguna kirim ke orang lain tanpa izin. 

Adakah Cara Stop Orang Melihat Pesan WhatsApp Kita? 

Pada dasarnya, WhatsApp sendiri sudah menerapkan pengamanan privasi yang komprehensif untuk memastikan keamanan komunikasi para penggunanya. 

Cara Stop Orang Melihat Pesan WhatsApp

Dari segi teknis, WhatsApp sudah menerapkan enkripsi end-to-end untuk semua pesan, artinya hanya pengirim dan penerima yang bisa membaca isi pesan.  

Selain itu, pihak WhatsApp juga tidak menyimpan pesan di server mereka, dan tidak dapat mengakses maupun membagikan pesan milik pengguna dengan pihak lain. 

Bagaimana Orang Bisa Menyalahgunakan Chat WA Kita?

Akan tetapi, pada kenyataannya, masih ada saja cara untuk membajak dan mengintip pesan melalui berbagai cara.    

Ada beberapa kondisi yang bisa membuat pesan Anda terlihat oleh orang lain, misalnya: 

Backup Chat 

Pengguna yang mengaktifkan fitur backup chat, bisa saja terekspos risiko. 

Hal ini karena salinan pesan yang tersimpan di Google Drive ataupun iCloud tidak terenkripsi dan bisa saja dibuka oleh penyedia layanan penyimpanan cloud tersebut atau oleh pihak berwenang. 

Baca Juga:  Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Artinya, keamanan salinan juga bergantung pada akses akun penyimpanan cloud Anda. 

Pesan ke Grup 

Jika pengguna mengirim pesan ke grup yang memiliki banyak anggota maka ada risiko yang terpicu oleh kegiatan anggota grup tersebut. 

Meskipun pesan di grup juga terenkripsi, tetap saja pengirim tidak dapat mencegah anggota grup tersebut untuk berbuat sesukanya. 

Bisa saja mereka menyimpan, meneruskan atau menangkap layar pesan Anda tanpa sepengetahuan. 

Kehilangan Akses ke Ponsel   

Saat ponsel hilang, dicuri atau disita, maka orang yang memiliki akses ke ponsel Anda bisa saja melihat semua isi pesan WA di dalamnya 

Atau, mereka juga bisa mengakses WA web Anda untuk melihat pesan dari layar komputer mereka. 

Penerima Pesan 

Bisa saja penerima pesan menggunakan berbagai cara untuk mengungkapkan atau menyalahgunakan pesan Anda. 

Cara Mencegah Orang Menyalahgunakan Chat WhatsApp  

Untuk mencegahnya terjadi pada Anda, hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti pengaturan privasi, jenis pesan, dan siapa yang mengirim atau menerima pesan.  

Jadi, bagaimana cara untuk mencegah orang melihat pesan WA? Silakan simak beberapa tips berikut ini: 

Mengubah Pengaturan Privasi 

Pengaturan privasi yang sesuai bisa jadi pertahanan pertama Anda dari mata-mata jahil yang ingin mengintip isi chat WhatsApp Anda dengan orang lain. 

Dari pengaturan privasi, silakan menentukan siapa saja yang bisa melihat info terakhir kali online, foto profil, status, dan info tentang Anda.  

Selain itu, Anda juga bisa mematikan laporan baca (centang biru) dan tanda ketik jika kita tidak ingin orang tahu kapan Anda membaca atau mengetik pesan. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi Notifikasi Login ke Jaringan Indosat

Nonaktifkan Backup Chat 

Apabila Anda curiga ada orang lain yang bisa mengakses akun cloud yang menyimpan salinan chat WA, pertimbangkan untuk beralih akun atau nonaktifkan fitur backup WA saja. 

Atau Anda juga bisa membuat salinan secara offline dan menaruh backup secara berkala di komputer pribadi Anda yang lebih aman. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa menghapus riwayat chat secara berkala untuk mengurangi jejak digital yang bisa saja coba dilacak orang. 

Bijak Bergabung Grup 

Ada baiknya Anda berhati-hati saat bergabung dengan grup WhatsApp, terutama yang sama sekali tidak Anda kenali anggotanya.  

Pertimbangkan untuk keluar dari grup yang tidak relevan atau tidak aman, dan memblokir anggota grup yang mengganggu atau bahkan mencurigakan.  

Amankan Ponsel Anda 

Pastikan Anda melindungi ponsel dengan menerapkan kata sandi, pola kunci, sidik jari, atau pengenal wajah.  

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur temukan perangkat untuk melacak lokasi ponsel jika hilang atau dicuri atau menghapus data ponsel dari jarak jauh untuk mencegah akses tidak sah. 

Bijak Menggunakan WhatsApp 

Sebaiknya Anda juga tidak asal dalam menggunakan WA dengan hanya mengirim pesan ke teman, keluarga, atau rekan kerja yang baik dan terpercaya.  

Lebih lanjut, hindari mengirim informasi sensitif atau rahasia melalui WhatsApp, seperti nomor kartu kredit, kata sandi, dokumen penting, atau foto pribadi. 

Akhir Kata 

Mungkin tidak ada cara stop orang melihat pesan WhatsApp yang terbilang pasti mengingat selalu ada cara bagi orang untuk membobol keamanan aplikasi. 

Namun demikian, Anda tetap bisa aman menggunakan WA dengan menerapkan beberapa kiat yang telah kita bahas tadi.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *