Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Menghemat Kuota Internet, Akses Optimal sampai Habis

Diposting pada

Cara menghemat kuota internet berisi kiat-kiat yang bisa pengguna HP atau tablet terapkan untuk menekan pengeluaran belanja internet tanpa akses lain yang tidak perlu. 

Seperti yang kita tahu, pemerintah bersama para penyedia layanan internet, berencana meningkatkan bandwith menjadi 100 Mbps. 

Bagi masyarakat sebagai pengguna, hal ini bisa berarti adanya kemungkinan kenaikan anggaran internet bulanan mereka. 

Nah, untuk memastikan anggaran rumah tangga tidak kacau, silakan simak beberapa tips berikut. 

Apa Saja Cara Menghemat Kuota Internet untuk Anda Coba? 

Perlu kita pahami bahwa kuota internet adalah jumlah data yang bisa Anda gunakan untuk mengakses internet melalui jaringan seluler.  

Cara Menghemat Kuota Internet

Selanjutnya, jumlah data ini kemudian diukur dalam satuan byte, seperti kilobyte (KB), megabyte (MB), atau gigabyte (GB).  

Nah, semakin besar kuota internet Anda yang Anda beli, maka semakin banyak pula data yang bisa Anda pergunakan untuk browsing, streaming, download, dan aktivitas online lain. 

Mengapa Harus Hemat Kuota Internet? 

Untuk mendapatkan kuota internet ini, Anda harus membayar sejumlah uang kepada operator seluler yang Anda pergunakan, seperti Telkomsel, XL, atau Indosat.  

Paket data ini, kebanyakan memiliki batasan tertentu untuk penggunaannya, seperti sehari, sebulan atau setahun.  

Artinya, meskipun kuota internet Anda belum habis (tersisa) sebelum batas waktunya, Anda tetap harus membeli paket data baru. 

Ada pula skema penggunaan unlimited, yang meskipun menawarkan kuota besar, kecepatannya akan menurun drastis setelah mencapai batas pemakaian wajar. 

Pada banyak kasus, biasanya kuota internet ini sudah habis sebelum masa berlakunya tercapai sehingga memaksa pengguna untuk membeli paket internet lagi. 

Dengan asumsi pembelian dua kali, maka biaya yang pengguna keluarkan pupn jadi lebih banyak karena bisa saja ditambah dengan biaya admin atau lainnya. 

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai pengguna untuk bisa menghemat kuota internet agar bisa habis sesuai perkiraan, atau hemat. 

Baca Juga:  Pilihan Cara Repair Windows 10 Sesuai Kondisi Kerusakan 

Trik Hemat Internet di HP dan Tablet 

Selain dengan mengaktifkan mode Hemat Data di ponsel dan tablet, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet di HP ataupun tablet. 

Artinya, Anda masih tetap bisa online sesuai kebutuhan, hingga jangka waktu yang sudah Anda perhitungkan sesuai anggaran keuangan. 

Berikut kiat yang bisa coba Anda terapkan sekarang juga: 

Cek Penggunaan Data 

Langkah pertama ini penting saat Anda ingin memilih paket internet sesuai kebutuhan, mengingat setiap orang memiliki kebutuhan online yang juga berbeda-beda. 

Cara Menghemat Kuota Internet

Dengan melihat penggunaan data harian atau bulanan, Anda bisa memperkirakan berapa kuota yang harus Anda pilih. 

Anda bisa melihat statistik penggunaan data seluler dan WiFi dengan langkah berikut: 

  1. Buka Pengaturan kemudian ketuk bagian Jaringan Seluler dan WiFi.  
  2. Selanjutnya, ketuk pada bagian Penggunaan Data kemudian pilih opsi Jaringan Seluler, bukan WiFi.  
  3. Silakan atur rentang waktu dimana Anda ingin melihat penggunaan internet rata-rata. 
  4. Anda juga bisa melihat pada jam atau hari mana saat Anda mengakses sesuatu yang paling banyak menggunakan kuota. 

Pada menu yang mungkin memiliki tampilan dan cara akses yang berbeda antar produk ini, Anda juga menerapkan batasan penggunaan data seluler.  

Anda bisa memilih opsi Batasi Jaringan Seluler agar aplikasi hanya akan sinkron atau mengakses internet di latar belakang hanya melalui WiFi. 

Mengunduh dan Update Aplikasi via WiFi 

Apabila Anda memilik i kuota internet tebatas, maka usahakan hanya mengunduh atau memperbarui aplikasi melalui jaringan WiFi saja. 

Hal ini mengingat ukuran aplikasi yang saat ini terus membengkak sehingga membutuhkan kuota yang besar untuk download atau update. 

Anda bisa mengatir agar android hanya memperbarui aplikasi secara otomatis di PlayStore saat terhubung ke Wifi saja. 

Caranya: 

  1. Buka Google Play Store kemudian ketuk ikon gambar profil Anda (kanan atas). 
  2. Kemudian pilih opsi Setelan kemudian ketuk opsi Preferensi jaringan. 
  3. Setelah itu, pada pilihan Preferensi download aplikasi, pilih opsi Hanya melalui wifi.  
  4. Sedangkan pada pilihan Update aplikasi secara otomatis, silakan pilih Hanya melalui wifi atau Jangan update aplikasi secara otomatis (sesuai preferensi Anda) 
Baca Juga:  Cara Membuat Icon Aplikasi Anime Aesthetic Paling Mudah 

Bijak saat Streaming  

Sebaiknya, Anda menghindari menonton konten secara streaming melalaui koneksi seluler, karena hal ini bisa memboroskan kuota.  

Terlebih penyedia layanan streaming biasanya juga secara bawaan akan mengalirkan video berkualitas tinggi (HD) ke layar pengguna akan membuat konsumsi data makin tinggi.  

Usahakan Anda menggunakan WiFi saat hendak menonton video atau musik dari layanan streaming seperti YouTube atau Spotify.  

Atau, Anda bisa mengunduh konten streaming dulu untuk nantinya ditonton tanpa harus menggunakan kuota internet jaringan seluler.   

Kalaupun harus streaming dengan paket data, pertimbangkan untuk menurunkan kualitas streaming video atau audio ke yang lebih rendah untuk menekan penggunaan data.  

Untuk konten video, pilihan 480p atau 360p masih cukup ideal di layar ponsel, sementara untuk audio, opsi 128 kbps atau 64 kbps mungkin sudah cukup memuaskan.  

Nonaktifkan Fitur dan Layanan yang tidak Penting 

Ada beberapa aplikasi (di backgroud) dan fitur yang tetap mengonsumsi data meskipun tidak dibuka atau tidak aktif Anda gunakan.  

Daftar aplikasi dan fitur ini bisa Anda cek di daftar aplikasi background di menu Penggunaan Data untuk kemudian Anda paksa berhentikan.  

Lebih lanjut, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membatasi penggunaan data latar belakang aplikasi tersebut. 

Aplikasi media sosial misalnya, yang akan teus berjalan dan mengunduh data terbaru untuk memastikan Anda bisa mendapatkan notifikasi saat ada kabar baru. 

Begitu pula dengan fitru seperti lokasi yang akan menggunakan GPS, menentukan lokasi Anda, mengirim data tersebut kemudian mengunduh data kembali untuk ditampilkan di layar. 

Jika Anda tidak sedang aktif menggunakannya, tak ada salahnya untuk mematikan aplikasi atau fitur seperti ini untuk menghemat penggunaan kuota. 

Akhir Kata 

Demikianlah beberapa tips atau cara menghemat kuota internet yang mungkin bisa jadi referensi bagi Anda yang memiliki kuota terbatas. 

Pengguna kouta unlimited pun juga bisa mendapatkan manfaat dari trik ini agar tidak lekas mengalami penurunan bandwith karena FUP yang terlalu cepat tercapai. 

Dengan demikian, Anda tetap bisa menggunakan internet dengan kualitas yang optimal tanpa khawatir kehabisan paket di tengah-tengah bulan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *