Cara Menghapus Peringatan Akun TikTok

Mudah, Cara Menghapus Peringatan Akun TikTok dalam 10 Langkah 

Diposting pada

Cara menghapus peringatan akun TikTok adalah langkah yang bisa dilakukan saat pengguna merasa bahwa notifikasi tersebut tidak benar. Ya, ada memang ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mengapa peringatan terkait akun ini muncul di kotak masuk di menu Pembaruan Akun. Apabila Anda sebagai pengguna tidak merasa melakukan kesalahan, silakan simak langkah yang bisa Anda lakukan berikut. 

Cara Menghapus Peringatan Akun TikTok: Hal yang Perlu Diketahui 

Sebelum kita bahas tentang bagaimana langkah-langkah menghilangkannya, tak ada salahnya kita bahas secara sekilas tentang apa itu peringatan akun TikTok. Nah peringatan akun TikTok adalah pemberitahuan kepada pengguna bahwa akun mereka telah melanggar kebijakan komunitas TikTok. Selain itu, notifikasi ini juga dikirimkan apabila akun TikTok bersangkutan diduga telah melanggar aturan hukum. 

Pada dasarnya, peringatan ini bertujuan demi menjaga keamanan dan kesehatan pengguna atau komunitas TikTok. Dengan demikian, platform ingin memastikan bahwa para pengguna bisa menikmati konten kreatif, positif dan sesuai nilai-nilai TikTok. Jadi, peringatan ini tak serta-merta hanya untuk eksistensi TikTok saja, tetapi juga demi menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh penggunanya.  

Dalam mekanismenya, peringatan ini akan diberikan sesuai dengan kebijakan atau beratnya pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna. Dampak dari peringatan ini bisa berupa notifikasi peringatan yang bersifat sementara, penangguhan terhadap akun, hingga yang paling berat adalah penghapusan akun. Apabila pengguna melakukan pelanggaran serius dan terus mengabaikan peringatan, bukan tidak mungkin TikTok memblokir perangkat sehingga pengguna kesulitan saat ingin mendaftar kembali.  

Baca Juga:  Cara Mengatasi Video Tiktok Terkena Violation Agar tidak Banned Akun

Nah, beberapa hal yang bisa memicu munculnya peringatan akun di TikTok ini bisa beragam sesuai dengan kebijakan platform dan atiran berlaku di suatu negara. Secara umum, beberapa pelanggaran yang kemudian mengakibatkan peringatan antarra lain: 

  • Melakukan pelanggaran hak cipta; yaitu mengunggah konten tertentu tanpa izin dari pemiliknya baik itu berupa musik, video maupun gambar   
  • Melakukan pelanggaran kebijakan komunitas TikTok; yaitu mengunggah konten bermuatan kekerasan, pornografi, ujaran kebencian dan penipuan 
  • Penyalahgunaan aplikasi; mengingkatkan jumlah pengikut, tayangan dan like menggunakan aplikasi pihak ketiga, bot maupun cara lain yang tidak sah  
  • Melakukan tindakan yang mengganggu seperti spam, pelecehan maupun gangguan lain terhadap pengguna lainnya 
  • Memiliki konten yang dilaporkan sebagai penyalahgunaan oleh akun TikTok lain 

Namun ada kalanya Anda meyakini, akun Anda tidak melakukan kesalahan seperti dalam daftar penyebab di atas. Dalam situasi seperti ini, Anda sebaiknya tidak hanya diam dan menerima keputusan. Masih ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mencegah akun TikTok Anda dilanggar. 

Anda bisa segera menghubungi pemilik konten asli untuk meminta izin sehingga masalah pelanggaran hak cipta dapat diselesaikan. Selain itu, Anda juga bisa menghapus konten yang memag menyalahi pedoman komunitas dan aturan hukum. Lainnya, Anda juga bisa melakukan pengajuan permohonan banding di opsi Permohonan Banding.   

Baca Juga:  Cara Download Sound Tiktok dengan 3 Metode Mudah

Cara Menghapus Peringatan Akun TikTok

Apabila Anda merasa tak melakukan pelanggaran apapun, namun peringatan masih terus muncul, mungkin tak ada salahnya mencoba cara hapus peringatan akun TikTok berikut ini: 

  1. Buka TikTok lalu pastikan Anda sudah login  
  2. Lihat bagian profil kemudian ambil tangkapan layar (screenshot) pesan peringatan yang muncul 
  3. Klik Menu (ikon 3 garis di pojok kanan) lalu pilih Pengaturan dan Privasi 
  4. Scroll lalu klik opsi Laporkan Masalah 
  5. Di bagian Topik, pilih opsi Akun dan Profil 
  6. Berikutnya, pilih menu Halaman Profil 
  7. Klik More, kemudian pilih Need More Help 
  8. Silakan jelaskan masalah yang Anda alami (muncul peringatan akun) pada  kolom yang tersedia lalu sertakan pula tangkapan layar tadi  
  9. Jika dirasa laporan sudah lengkap, klik Laporkan  
  10. Tunggu balasan dari pihak TikTok  

Selanjutnya, tim dari TikTok akan melakukan peninjauan yang diperlukan atas laporan tersebut kemudian menerapkan tindakan yang sesuai. Lamanya proses ini bisa saja berbeda sehingga Anda mungkin perlu bersabar untuk menunggu hasilnya. Jika memang tidak ada pelanggaran, seharusnya peringatan akun akan dihapus. 

Akhir Kata 

Itulah tadi hal yang perlu diketahui dan bagaimana cara menghapus peringatan akun TikTok yang bisa Anda lakukan. Tentu tak ada dari kita yang ingin mendapat peringatan akun semacam ini. Maka dari itu, sebaiknya selalu patuhi panduan komunitas TikTok dan pastikan hanya menggunggah konten yang melanggar aturan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *