Cara Membuat Musik Favorit di Spotify Chart

Begini Cara Membuat Musik Favorit di Spotify Chart 

Diposting pada

Cara membuat musik favorit di Spotify Chart adalah langkah untuk membuat daftar putar khusus dari musik pilihan di platform. 

Sesuai namanya, tangga lagu Spotify ini berisi daftar musik pilihan yang juga menjadi koleksi paling populer di kalangan pengguna.  

Menariknya, fitur ini bisa membuat pengguna merasa lebih terhubung dengan dunia musik dan komunitas penggemar musik lainnya. 

Cara Membuat Musik Favorit di Spotify Chart dan Kelebihannya 

Perlu Anda ketahui bahwa Spotify Chart adalah fitur yang menampilkan daftar lagu dan album paling populer di platform streaming musik Spotify. 

Cara Membuat Musik Favorit di Spotify Chart

Pemilihan lagu dan album tersebut diatur berdasarkan jumlah pemutaran, penggemar, dan interaksi dari jutaan pengguna Spotify di seluruh dunia selama kurun waktu tertentu. 

Daftar ini bisa mencerminkan selera dan preferensi musik para pengguna Spotify yang sekaligus dapat memberikan gambaran tentang tren dan fenomena musik saat ini. 

Selain itu, Chart ini juga dapat memberikan rekomendasi dan inspirasi bagi para penggemar musik untuk menemukan lagu atau album baru yang mungkin sesuai preferensi.   

Nah, Spotify Chart terbagi ke dalam beberapa kategori, antara lain Top 200, Viral 50, Top Artists, Top Podcasts, dan sebagainya. 

Selain bisa melihat daftar musik favorit berdasarkan negara, kota, genre, atau mood pengguna, fitur ini juga bisa pengguna manfaatkan untuk membuat semacam daftar lagu atau playlist sendiri. 

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP dan Risikonya 

Dengan kata lain, pengguna bisa menikmati daftar musik populer sekaligus favoritnya dari fitur Spotify Chart ini. 

Cara Membuat Playlist dari Spotify Chart

Untuk membuat daftar musik favorit Anda di Spotify Chart, silakan ikuti langkah berikut: 

  1. Buka aplikasi Spotify, baik di ponsel, tablet ataupun di PC. 
  2. Kemudian silakan pilih tab Browse (di bawah layar ponsel atau tablet atau di kiri layar komputer). 
  3. Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih opsi Charts. 
  4. Silakan menentukan wilayah atau negara yang ingin Anda lihat daftarnya, seperti Indonesia Top 50 atau Global Top 50. 
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat daftar lagu terpopuler sesuai filter, berdasarkan jumlah pemutaran dalam seminggu terakhir. 
  6. Jika Anda ingin menambahkan lagu dari daftar tersebut ke daftar musik favorit Anda, silakan klik ikon hati (di kanan judul lagu). Selain itu, Anda juga bisa menekan dan tahan judul lagu untuk membuka menu kemudian memilih opsi Add to Playlist untuk memilih playlist yang sudah ada atau playlist baru. 
  7. Silakan ulangi langkah di atas untuk menambahkan lagu-lagu lain dari Chart tadi. 
  8. Sementara untuk melihat daftar musik favorit Anda, silakan buka tab Your Library (di bawah layar ponsel atau tablet atau di kiri layar komputer). 
  9. Silakan pilih Music kemudian pilih Liked Songs untuk melihat semua lagu yang Anda sudah sukai tadi, atau klik Playlists  untuk melihat playlist yang tadi Anda buat atau tambahkan dari Chart. 
  10. Selesai.  
Baca Juga:  Lupa Kata Sandi FB? ini dia Cara Mengatasinya

Kelebihan Membuat daftar Musik Favorit dari Chart 

Berikut ini bebeapa manfaat yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebelum membuat playlist dari Chart di atas: 

Terus Mengikuti Tren Musik 

Pengguna bisa mendengarkan lagu-lagu populer yang juga banyak orang lain sukai, sehingga pengguna tidak mudah ketinggalan tren musik sekaligus dapat berbagi pengalaman. 

Memperluas Wawasan Musik 

Fitur ini juga membantu pengguna dalam mempeluas wawasan dan pengetahuan musik mereka karena lebih mudah dalam menemukan lagu-lagu baru namun tetap relevan dengan genre favorit atau mood. 

Membuat Playlist dengan Mudah 

Playlist memungkinkan pengguna untuk mengakses musik-musik kesukaan kapan saja dari mana saja dengan mudah, sementara pembuatannya juga lebih mudah dan cepat melalui Chart.  

Mudah Mengelola Musik 

Pengguna juga jadi lebih mudah dalam mengelola daftar musik favorit dengan mengikuti atau berhenti mengikuti artis, album, atau genre tertentu, lengkap dengan fitur rating atau komentar. 

Hal ini juga akan membuat rekomendasi dari Spotify juga semakin akurat terhadap preferensi pengguna tersebut. 

Akhir Kata 

Cara membuat musik favorit di Spotify Chart yang tebilang mudah tentunya juga akan membuat pengalaman mendengarkan di platform streaming musik tersebut semakin baik. 

Spotify Chart menjadi cara lain untuk menikmati playlist lagu sekaligus mencari referensi baru sesuai selera dan suasana hati pengguna. 

Selamat mencoba.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *