Bansos BLT BBM

Mengenal Bansos BLT BBM, Masih Berlanjutkah Saat Ini? 

Diposting pada

Bansos BLT BBM adalah program bantuan sosial pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM. Pada awal tahun lalu, pemerintah memang harus menaikkan harga bahan bakar yang tentunya memberatkan masyarakat menengah ke bawah. Terlebih di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi.   

Nah, untuk mengetahui tentang program bantuan ini dan bagaimana kelanjutannya, silakan simak tulisannya kali ini. 

Bansos BLT BBM 2023, Cara Daftar dan Mekanisme Penerimaan 

Program BLT BBM tahun ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya tahun 2022 yang lalu. Masyarakat yang berhak menerima bantuan ini bisa mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp400 ribu per bulan. Penerimaan bantuan ini sendiri terbagi dalam tiga bulan, yaitu Januari, Februari, dan Maret 2023  melalui kantor pos atau transfer bank ke penerima yang telah terdaftar dan telah terverifikasi.  

Tujuan program ini yaitu untuk meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya mereka yang berpenghasilan kurang atau rentan. Harapannya, program ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, utamanya demi menghadapi kenaikan harga BBM yang dapat mempengaruhi biaya hidup mereka. Penerima manfaat juga dapat mengalokasikan dana bantuan untuk keperluan produktif, seperti pendidikan, kesehatan, maupun usaha. 

Persyaratan Penerima Manfaat BLT BBM 

Sebagai informasi, pemerintah menerapkan persyaratan dan prosedur khusus demi memastikan bahwa penyaluran bantuan benar-benar tepat sasaran. Anda yang mungkin merasa berhak untuk menjadi penerima, bisa mempelajari apa saja syarat, cara daftar, cara cek penerima hingga mekanisme penerimaan manfaat sebagai referensi.   

Baca Juga:  Noun Contoh: Mengenal Jenis dan Contoh Kata Benda dalam Bahasa Indonesia

Untuk mendapatkan bantuan ini, masyarakat harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. Secara garis besar, syarat utama untuk menjadi penerima manfaat program bantuan ini adalah  

  • Memiliki penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan 
  • memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku 

Cara Daftar dan Cek Penerima BLT BBM 

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar sebagai penerima BLT BBM:    

  1. Datang ke kantor pos terdekat atau menginstal aplikasi cek bansos untuk mengisi formulir pendaftaran 
  2. Menyerahkan fotokopi KTP dan KK yang masih berlaku kepada petugas kantor pos atau mengunggahnya di aplikasi   
  3. Selanjutnya, pendaftar bisa menunggu verifikasi data  
  4. Setelah tahap verifikasi, pemerintah akan memberikan pengumuman penerima bantuan   
Bansos BLT BBM

Sedangkan untuk mengetahui apakah pendaftar terverifikasi sebagai penerima, pendaftar bisa memilih opsi melalui aplikasi Cek Bansos. Cara ini bisa jadi pilihan yang paling praktis karena tidak perlu mendatangi kantor. Berikut langkah-langkahnya:  

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos dari Play Store atau App Store ke ponsel  
  2. Silakan buat akun dengan mengisi data diri dan mengunggah foto KTP Anda, atau login jika sudah memiliki akun. Untuk akun baru, Anda perlu melakukan verifikasi akun dengan kode OTP yang dikirim ke email Anda 
  3. Selanjutnya, login ke aplikasi Cek Bansos menggunakan akun yang telah terverifikasi tadi  
  4. Pada tampilan aplikasi, klik menu Cek Bansos untuk mencari daftar penerima BLT BBM 
  5. Berikutnya, silakan masukkan data wilayah berupa provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, dan nama sesuai KTP 
  6. Pastikan bahwa data yang dimasukkan sudah benar 
  7. Setelah itu, klik tombol Cari Data Anda juga bisa mengecek penerima BLT BBM melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id dengan cara yang hampir sama, hanya saja Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. 
Baca Juga:  Cara Menjalankan PHP di Visual Studio Code

Mekanisme Penerimaan Manfaat BLT BBM 

Apabila penerima manfaat bantuan mendapatkan surat undangan dari kantor pos atau notifikasi dari aplikasi Cek Bansos untuk mengambil bantuan, berikut langkah yang diperlukan:  

  1. Datang ke kantor pos atau bank membawa KTP asli dan surat undangan atau notifikasi aplikasi atau menunjukkan bukti transfer   
  2. Penerima bantuan bisa menandatangani bukti penerimaan bantuan di kantor pos atau bank 
  3. Terima manfaat bantuan dan pastikan jumlahnya sesuai 

Akhir Kata 

Memang, sejauh ini program Bansos BLT BBM hanya berlaku untuk 3 bulan pertama tahun ini. Selain itu, pemerintah juga masih belum mengumumkan apakah program ini akan berlanjut hingga November-Desember 2023 atau tidak. Namun demikian, tak ada salahnya pula Anda mengetahui sekilas tentang program bantuan semacam ini sebagai wawasan di masa mendatang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *