APK Downloader PlayStore

APK Downloader PlayStore: Penjelasan dan Contoh Penggunaan 

Diposting pada

APK Downloader PlayStore adalah aplikasi atau website yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh file APK dari Google Play Store atau sumber lain. Artinya, melalui layanan ini, pengguna bisa mendapatkan file instalasi aplikasi android (APK) tanpa harus melalui platform distribusi resmi. Maka dari itu, ada keuntungan sekaligus risiko yang perlu pengguna perhatikan sebelum menggunakannya. 

Apa Itu APK Downloader PlayStore? 

APK Downloader PlayStore

Sesuai namanya, APK downloader adalah layanan pengunduh APK. Pengguna bisa mengakses layanan ini bisa melalui aplikasi seluler, atau melalui aplikasi berbasis website (webapps). Aplikasi unduhan ini juga sering menjadi sumber aplikasi android alternatif saat tidak bisa mengakses PlayStore atau aplikasi yang mereka inginkan karena adanya pembatasan dan sebagainya. 

Lebih rinci, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan penggunaan APK Downloader: 

  • Saat Anda ingin mengunduh aplikasi yang tidak tersedia atau diblokir di negara atau wilayah Anda 
  • Saat Anda ingin mengunduh versi lawas suatu aplikasi yang versi resminya sudah update. Biasanya hal ini karena versi terbaru tidak bekerja sesuai harapan atau memicu masalah dengan perangkat 
  • Saat Anda ingin mengunduh versi modifikasi suatu aplikasi, misalnya aplikasi MOD atau aplikasi premium yang digratiskan 

Contoh Layanan Penyedia APK 

Saat ini, penyedia layanan unduh APK ini juga sudah semakin banyak di internet. Pengguna pun bisa jadi lebih mudah dalam menemukan APK yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Ada berbagai macam APK downloader yang tersedia, mulai dari perangkat lunak desktop dan seluler hingga situs web. Beberapa APK downloader yang populer antara lain: 

  • APKMirror 
  • APKPure 
  • Evozi APK Downloader 
  • Snap APK Installer 
Baca Juga:  Cara Merubah STB Indihome Menjadi TV Digital Gratis

Tentu saja, masih banyak website atau portal lain yang juga menyediakan unduhan file APK. Namun demikian, Anda sebaiknya tidak asal mengunduh file begitu saja. Selalu pertimbangkan keamanan data pribadi dan perangkat Anda sebelum klik atau mengunduh apapun di internet. 

Contoh Cara Mengunduh aplikasi dari Layanan APK Downloader 

Sebagai contoh, apabila Anda memilih mengunduh APK dari Evozi maka langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut: 

  1. Buka PlayStore kemudian cari aplikasi yang ingin Anda unduh APK-nya dari Evozi nanti 
  2. Setelah aplikasi resminya Anda temukan, silakan Salin link ke aplikasi tersebut dengan cara ketuk tombol Bagikan 
  3. Berikutnya, silakan memilih opsi Salin Link 
  4. Setelah itu beralih ke layar utama dan buka website Evozi APK Downloader dari aplikasi browser Anda 
  5. Silakan tempel (paste) link aplikasi ke dalam kotak teks Package Name or Google Play URL pada website  Evozi APK Downloader. 
  6. Apabila aplikasi yang Anda maksud muncul, silakan klik tombol Generate Download Link 
  7. Berikutnya. Websuite tersebut akan menampilkan link untuk mengunduhan untuk aplikasi tersebut  
  8. Anda bisa mengetuk link tersebut untuk mulai mengunduh APK 
  9. Setelah file APK selesai di-download, maka file tersebut biasanya tersimpan di folder Download 
  10. Silakan buka folder tersebut kemudian ketuk pada file APK apliikasi yang Anda inginkan untuk mulai menginstalnya ke ponsel android Anda 
Baca Juga:  Ini 2 PIlihan Cara Membuat GIF di WhatsApp  

Namun perlu pengguna ketahui pula bahwa tidak semua layanan unduhan APK ini sama. Beberapa diantaranya ada yang kurang kredibel, terdeteksi spam bahkan menyebarkan program jahat. Oleh karena itu, Anda sebagai pengguna harus selektif dan berhati-hati menggunakan layanan ini.  

Tips Aman Menggunakan APK Downloader 

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan APK Downloader:  

  • Sebaiknya usahakan aplikasi yang ingin Anda unduh aman dan legal. Hal ini mengingat aplikasi MOD besar kemungkinan telah memuat script atau program jahat yang merugikan 
  • Pastikan kompatibilitas perangkat Android Anda dengan aplikasi yang ingin Anda unduh. Biasanya APK downloader akan menampilkan persyaratan minimum untuk menginstal aplikasi yang dimaksud. Hal ini agar unduhan APK Anda tidak sia-sia  
  • Selain itu, ada baiknya pula Anda memastikan bahwa aplikasi tersebut memang boleh dipergunakan di Indonesia. Jangan sampai setelah Anda menginstal, aplikasi kemudian tidak dapat memuat data karena masalah server. 

Akhir Kata 

Demikian penjelasan tentang apa itu APK Downloader PlayStore yang memang makin banyak pilihannya saat ini. Dengan langkah dan tips yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan sumber aplikasi android alternatif selain Google PlayStore. Tentu saja, tanpa terlalu membahayakan data pribadi dan perangkat Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *