Sebutkan 2 Jaringan WAN Serta Jelaskan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Jaringan WAN

Jaringan Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas, seperti kota, negara, atau bahkan benua. Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal (LAN) yang berada pada lokasi yang berjauhan. Dalam jaringan WAN, data dikirimkan melalui koneksi jarak jauh menggunakan teknologi seperti kabel serat optik, satelit, atau jalur telepon.

Jaringan WAN yang Populer

Berikut adalah dua jenis jaringan WAN yang populer:

1. Internet

Internet adalah jaringan WAN terbesar dan paling terkenal di dunia. Jutaan komputer di seluruh dunia terhubung dalam satu jaringan yang saling terhubung melalui server dan router. Internet digunakan oleh masyarakat umum, perusahaan, dan institusi untuk berbagai keperluan, seperti mengakses informasi, komunikasi, dan bisnis online.

Internet memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data dalam berbagai bentuk, seperti teks, gambar, suara, dan video. Selain itu, internet juga menyediakan layanan seperti email, browsing web, media sosial, dan banyak lagi. Kecepatan akses internet dapat bervariasi tergantung pada jenis koneksi yang digunakan, seperti dial-up, DSL, kabel, atau serat optik.

Baca Juga:  PT Sur: Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Transportasi Anda

Dalam dunia bisnis, internet menjadi sarana penting untuk menjalankan operasi sehari-hari. Perusahaan menggunakan internet untuk mengirim dan menerima email, menjalankan situs web, melakukan transaksi online, dan menghubungkan cabang-cabang mereka di berbagai lokasi.

2. Virtual Private Network (VPN)

Virtual Private Network (VPN) adalah jaringan pribadi yang dibangun di atas jaringan publik, seperti internet. VPN memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi aman dan terenkripsi ke jaringan lain melalui internet. Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat mengakses sumber daya jaringan yang terbatas, seperti file, printer, atau aplikasi, dari jarak jauh.

VPN sering digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan karyawan yang bekerja dari luar kantor. Dengan menggunakan VPN, karyawan dapat mengakses sumber daya perusahaan dengan aman dan terjamin, seolah-olah mereka berada di dalam jaringan lokal perusahaan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara efisien tanpa harus berada di lokasi fisik kantor.

Selain itu, VPN juga sering digunakan oleh pengguna individu yang ingin menjaga privasi dan keamanan saat browsing internet. Dengan menghubungkan ke server VPN, pengguna dapat menyembunyikan identitas dan lokasi mereka, serta mengenkripsi data yang dikirimkan dan diterima.

Baca Juga:  Alasan Memilih Jurusan Peternakan

Kesimpulan

Jaringan WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas. Dua jenis jaringan WAN yang populer adalah internet dan Virtual Private Network (VPN). Internet adalah jaringan WAN terbesar di dunia yang digunakan oleh masyarakat umum, perusahaan, dan institusi untuk berbagai keperluan. VPN, di sisi lain, adalah jaringan pribadi yang dibangun di atas jaringan publik, seperti internet, yang memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi aman dan terenkripsi ke jaringan lain.

Ketika menggunakan internet atau VPN, penting untuk memahami dan mematuhi kebijakan penggunaan yang berlaku serta menjaga keamanan informasi pribadi atau perusahaan. Menggunakan jaringan WAN dengan bijak akan memastikan bahwa kita dapat memanfaatkan teknologi ini dengan maksimal dan mengoptimalkan hubungan dan komunikasi antara jaringan lokal yang berjauhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *