Perbedaan Juklak dan Juknis

Diposting pada

Pengertian Juklak dan Juknis

Juklak dan juknis adalah dua istilah yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan atau program di Indonesia. Namun, meskipun sering digunakan, tidak semua orang memahami perbedaan antara juklak dan juknis. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai perbedaan antara juklak dan juknis.

Juklak

Juklak merupakan kependekan dari “Juklak Kepala” yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Guidelines” atau petunjuk teknis. Juklak berisi informasi dan petunjuk yang bersifat umum mengenai suatu kegiatan atau program. Juklak biasanya disusun oleh Kementerian, Lembaga, atau instansi terkait yang memiliki wewenang dalam program atau kegiatan tersebut.

Contoh dari juklak antara lain adalah juklak penggunaan anggaran pemerintah, juklak penggunaan barang milik negara, atau juklak penggunaan fasilitas umum. Juklak berfungsi sebagai panduan umum bagi pelaksanaan suatu kegiatan atau program sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Juknis

Juknis merupakan kependekan dari “Juknis Kepala” yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Standard Operational Procedure” atau SOP. Juknis berisi informasi dan petunjuk yang lebih rinci mengenai suatu kegiatan atau program. Juknis biasanya disusun berdasarkan juklak yang telah ada.

Baca Juga:  Review Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Contoh dari juknis antara lain adalah juknis penggunaan anggaran penelitian, juknis penggunaan peralatan laboratorium, atau juknis penggunaan ruang rapat. Juknis berfungsi sebagai panduan operasional yang lebih terperinci bagi pelaksanaan suatu kegiatan atau program sesuai dengan juklak yang telah ditetapkan.

Perbedaan Antara Juklak dan Juknis

Perbedaan utama antara juklak dan juknis terletak pada tingkat rinciannya. Juklak bersifat umum dan memberikan petunjuk secara garis besar mengenai suatu kegiatan atau program, sedangkan juknis memberikan petunjuk yang lebih rinci dan spesifik.

Juklak bersifat lebih luas dan tidak terlalu terikat pada aturan dan ketentuan yang lebih detil, sementara juknis bersifat lebih spesifik dan terikat pada aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam juklak.

Juklak lebih bersifat mengatur kebijakan dan arah umum pelaksanaan suatu kegiatan atau program, sedangkan juknis lebih bersifat praktis dan mengatur langkah-langkah operasional yang harus dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan atau program tersebut.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, perbedaan antara juklak dan juknis terletak pada tingkat rinciannya. Juklak bersifat umum dan memberikan petunjuk secara garis besar, sementara juknis memberikan petunjuk yang lebih rinci dan spesifik. Juklak mengatur kebijakan dan arah umum pelaksanaan, sedangkan juknis mengatur langkah-langkah operasional yang harus dilakukan. Keduanya saling melengkapi dan menjadi panduan yang penting dalam pelaksanaan suatu kegiatan atau program di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *