Perbedaan Akademik dan Akademis

Diposting pada

Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, terdapat banyak istilah yang sering digunakan, termasuk dua kata yang mungkin terdengar mirip, yaitu “akademik” dan “akademis”. Meskipun terdengar serupa, kedua kata ini memiliki makna dan penggunaan yang berbeda. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara akademik dan akademis.

Akademik

Istilah “akademik” merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan sistem pendidikan formal, seperti sekolah, universitas, dan institusi pendidikan lainnya. Hal ini berkaitan dengan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian yang berlaku dalam lingkungan pendidikan tersebut.

Sebagai contoh, jika seseorang mengatakan bahwa mereka sedang mengikuti program akademik, itu berarti mereka sedang menjalani studi formal di sebuah institusi pendidikan. Program akademik ini biasanya melibatkan mata pelajaran yang terstruktur, penugasan, dan ujian untuk mengevaluasi kemajuan siswa.

Akademis

Sementara itu, istilah “akademis” lebih berkaitan dengan penelitian, studi, atau perdebatan intelektual dalam bidang ilmu pengetahuan dan humaniora. Hal ini mencakup kegiatan seperti membaca buku, menulis makalah, melakukan penelitian, dan berpartisipasi dalam diskusi akademis.

Baca Juga:  Contoh Kiamat Sugra: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Jadi, jika seseorang mengatakan bahwa mereka memiliki minat akademis dalam bidang sejarah, itu berarti mereka tertarik untuk mempelajari dan melakukan penelitian tentang topik tersebut, tanpa harus terlibat dalam pendidikan formal.

Perbedaan Utama

Sekarang, setelah kita memahami pengertian masing-masing kata, kita dapat melihat perbedaan utama antara akademik dan akademis:

1. Konteks

Akademik berkaitan dengan pendidikan formal di lembaga pendidikan, sedangkan akademis berkaitan dengan kegiatan intelektual dan penelitian di luar konteks pendidikan formal.

2. Fokus

Akademik berfokus pada kurikulum, pembelajaran, dan penilaian siswa, sedangkan akademis berfokus pada penelitian, studi, dan diskusi di bidang ilmu pengetahuan dan humaniora.

3. Tujuan

Tujuan akademik adalah untuk memberikan pendidikan formal kepada siswa, sementara tujuan akademis adalah untuk memperdalam pemahaman dan pengetahuan dalam bidang tertentu.

4. Keterlibatan

Akademik melibatkan partisipasi dalam program pendidikan formal, sementara akademis melibatkan kegiatan intelektual dan penelitian tanpa harus terikat dengan lembaga pendidikan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perbedaan antara akademik dan akademis terletak pada konteks, fokus, tujuan, dan keterlibatan. Akademik berkaitan dengan pendidikan formal di lembaga pendidikan, sementara akademis berkaitan dengan kegiatan intelektual dan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan humaniora. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan kedua kata ini dengan tepat sesuai dengan konteksnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *