Pengertian Profase, Metafase, Anafase, dan Telofase dalam Sel Hewan

Diposting pada

Pengertian Profase

Profase merupakan tahap pertama dalam siklus pembelahan sel yang terjadi pada sel hewan. Pada tahap ini, inti sel mempersiapkan diri untuk membelah dengan mengalami sejumlah perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah pengkondensasian kromosom, di mana benang-benang kromatin menjadi lebih terlihat dan teratur. Selain itu, inti sel juga memperlihatkan pembentukan gelendong mitotik, yang merupakan struktur yang mengarahkan pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel.

Pengertian Metafase

Metafase adalah tahap kedua dalam pembelahan sel hewan. Pada tahap ini, kromosom yang telah mengalami pengkondensasian akan bergerak menuju ke tengah sel dan mengatur diri dalam suatu struktur yang disebut piringan metafase. Piringan metafase ini terbentuk oleh serat-serat gelendong mitotik yang menarik benang-benang kromosom ke tengah sel. Pada tahap ini, kromosom-kromosom memiliki bentuk yang paling terlihat dan mudah diamati.

Pengertian Anafase

Anafase merupakan tahap ketiga dalam pembelahan sel hewan. Pada tahap ini, pasangan-pasangan kromosom yang telah teratur di piringan metafase mulai terpisah. Setiap kromosom individu akan ditarik ke kutub yang berlawanan oleh serat-serat gelendong mitotik. Selama anafase, benang-benang gelendong mitotik memendek dan memisahkan kromatid-kromatid yang terhubung pada sentromer. Proses ini memastikan bahwa setiap sel anak yang terbentuk akan memiliki salinan yang sama dari setiap kromosom.

Baca Juga:  Ginsi: Solusi untuk Masalah Kesehatan Pria

Pengertian Telofase

Telofase adalah tahap terakhir dalam pembelahan sel hewan. Pada tahap ini, inti sel anak mulai terbentuk di sekitar setiap kelompok kromosom yang telah terpisah selama anafase. Kromosom-kromosom yang telah mencapai kedua kutub sel akan mengembalikan strukturnya menjadi benang-benang kromatin yang lebih longgar. Serat-serat gelendong mitotik juga akan menghilang dan membran inti baru mulai terbentuk di sekitar setiap inti sel anak. Tahap telofase ini diikuti oleh sitokinesis, yaitu pembelahan sitoplasma yang membagi dua sel anak secara penuh.

Dalam kesimpulan, profase, metafase, anafase, dan telofase adalah empat tahap penting dalam pembelahan sel hewan. Profase melibatkan pengkondensasian kromosom dan pembentukan gelendong mitotik. Pada metafase, kromosom-kromosom teratur di piringan metafase. Anafase melibatkan pemisahan pasangan-pasangan kromosom, sedangkan telofase melibatkan pembentukan inti sel anak dan sitokinesis. Memahami setiap tahap ini penting untuk memahami proses pembelahan sel secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *