Pengertian Kelompok Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Diposting pada

Apa Itu Kelompok Sosial?

Kelompok sosial adalah sekelompok individu yang saling berinteraksi dan memiliki hubungan sosial yang terikat satu sama lain. Kelompok sosial dapat terbentuk berdasarkan berbagai faktor, seperti kesamaan minat, pekerjaan, agama, atau lokasi geografis. Dalam studi sosiologi, kelompok sosial menjadi salah satu topik yang dibahas secara mendalam, termasuk dalam konsep yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto, seorang sosiolog terkemuka dari Indonesia, memberikan pengertian tentang kelompok sosial dalam karyanya yang berjudul “Sosiologi Suatu Pengantar”. Menurut Soekanto, kelompok sosial adalah kumpulan individu yang memiliki interaksi sosial yang terorganisir, saling bergantung satu sama lain, dan memiliki kesamaan nilai, norma, dan tujuan tertentu.

Soekanto menjelaskan bahwa kelompok sosial dapat terdiri dari berbagai skala, mulai dari kelompok kecil seperti keluarga, teman, atau tetangga, hingga kelompok yang lebih besar seperti organisasi sosial, masyarakat, atau negara. Kelompok sosial juga dapat bersifat formal atau informal, tergantung pada struktur dan aturan yang mengatur interaksi di dalamnya.

Baca Juga:  Hasil KTT GNB ke 10: Meningkatkan Kerjasama Global untuk Pembangunan Berkelanjutan

Karakteristik Kelompok Sosial

Soerjono Soekanto juga mengidentifikasi beberapa karakteristik penting dari kelompok sosial. Pertama, adanya interaksi antarindividu di dalam kelompok, baik melalui komunikasi verbal maupun nonverbal. Interaksi ini memungkinkan individu untuk saling mempengaruhi, berbagi informasi, dan membentuk hubungan sosial yang lebih dalam.

Kedua, kelompok sosial memiliki struktur yang terorganisir, yang melibatkan pembagian tugas dan peran antaranggota kelompok. Struktur ini memungkinkan kelompok sosial untuk berfungsi secara efektif dan mencapai tujuan bersama.

Ketiga, kelompok sosial juga memiliki norma-norma yang mengatur perilaku anggotanya. Norma-norma ini mencakup aturan-aturan yang harus diikuti dan nilai-nilai yang dihormati oleh anggota kelompok. Norma-norma ini membentuk identitas kelompok dan mempengaruhi perilaku individu di dalamnya.

Keempat, kelompok sosial memiliki tujuan bersama yang ingin dicapai. Tujuan ini dapat beragam, mulai dari tujuan praktis seperti mencapai keuntungan ekonomi, hingga tujuan sosial seperti meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok atau memperjuangkan hak-hak mereka.

Peran Kelompok Sosial dalam Masyarakat

Kelompok sosial memiliki peran yang penting dalam masyarakat. Pertama, kelompok sosial membantu individu memenuhi kebutuhan sosialnya, seperti kebutuhan akan kasih sayang, persahabatan, atau dukungan emosional. Melalui interaksi di dalam kelompok, individu dapat merasa diterima, dihargai, dan memiliki rasa identitas yang kuat.

Baca Juga:  Klerek adalah: Memahami Arti dan Manfaatnya

Kedua, kelompok sosial juga berperan sebagai agen sosialisasi. Dalam kelompok, individu belajar nilai-nilai, norma-norma, dan keterampilan yang diperlukan untuk berinteraksi dalam masyarakat. Kelompok sosial menjadi tempat individu belajar tentang budaya, agama, dan cara hidup yang berlaku di lingkungan mereka.

Ketiga, kelompok sosial memiliki fungsi kontrol sosial. Norma-norma yang ada di dalam kelompok dapat mengarahkan perilaku anggotanya agar sesuai dengan nilai dan aturan yang berlaku. Jika ada anggota kelompok yang melanggar norma tersebut, kelompok sosial dapat memberikan sanksi atau hukuman sebagai bentuk kontrol dan menjaga ketertiban dalam kelompok.

Kesimpulan

Demikianlah pengertian kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto. Kelompok sosial adalah sekelompok individu yang saling berinteraksi, terorganisir, dan memiliki kesamaan nilai, norma, dan tujuan tertentu. Kelompok sosial memiliki peran penting dalam masyarakat, seperti memenuhi kebutuhan sosial individu, menjadi agen sosialisasi, dan melaksanakan fungsi kontrol sosial. Dalam studi sosiologi, konsep kelompok sosial menjadi salah satu aspek yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *