Fungsi-fungsi NFC

Mengenal Fungsi-fungsi NFC dalam Keseharian Manusia 

Diposting pada

Fungsi-fungsi NFC menjadi salah satu informasi yang perlu pengguna ketahui saat ingin mempertimbangkan penggunaan teknologi ini. 

Misalnya saat pengguna akan membeli HP atau perangkat dengan dukungan NFC atau layanan lain yang menerapkan konektifitas tersebut. 

Lantas apa saja kegunaan dari koneksi NFC ini dalam kehidupan sehari-hari yang meyakinkan Anda untuk ikut memanfaatkannya? Simak. 

Untuk Apa Saja Fungsi-fungsi NFC Saat Ini? 

Fungsi-fungsi NFC

Sekilas informasi, Near Field Communication (NFC) termasuk teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek untuk transfer informasi antar perangkat. 

Teknologi yang mulai ramai di pasaran sejak tahun 2006 ini pertama kalinya dikembangkan tahun 2003 dengan beberapa karakteristik yang membedakannya dari opsi koneksi lain. 

Koneksi NFC ini memiliki jangkauan dekat (4 cm) dengan bandwith transfer yang terbilang rendah (424 kbps). 

Meskipun terkesan kurang unggul, nyatanya karakteristik ini justru menawarkan kelebihan di sisi efisiensi daya dan keamanan  

Hal ini memungkinkan NFC lebih ideal untuk transfer data yang relatif kecil yang ternyata banyak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.  

Berikut beberapa contoh kegunaan NFC dalam memudahkan kehidupan sehari-hari: 

Memudahkan Berbagai Transaksi Keuangan 

Salah satu kegunaan NFC yang populer di masyarakat belakangan ini adalah untuk memudahkan transaksi dengan aman. 

Baca Juga:  Daftar Aplikasi Bawaan itel yang Bisa Jadi Bloatware bagi Anda

Beberapa contoh penggunaan koneksi NFC ini misalnya seperti: 

Pada Transaksi Bayar Contactless 

Pembayaran contactless ini berarti meminimalisir kontak atau sentuhan antar pengguna dimana transaksi pembayaran terjadi melalui HP dan perangkat lain dengan NFC.  

Hal ini biasanya terjadi saat pengguna melakukan pembayaran di toko, restoran maupun tempat lain yang melayani pembayaran nirsentuh dan menu digital. 

Sebagai contoh, pengguna bisa membayar makanan dan minuman dari vending machine tanpa menggunakan uang receh atau kartu debit cukup dari aplikasi di HP dengan NFC. 

Pada Saat Melakukan Topup e-Money 

Umumnya layanan dompet digital saat ini mendukung fitur pembayaran contactless memanfaatkan modul NFC yang ada di HP. 

Pengguna pun bisa mengisi saldo e-money mereka dengan mudah, cepat dan aman menggunakan dukungan NFC yang ada di aplikasinya. 

Pada Saat Membayar Transportasi Umum 

Saat ini, semakin banyak layanan transportasi yang mendukung opsi pembayaran online yang lebih fleksibel. 

Untuk memudahkan pengguna layanan transport tersebut, penyedia layanan pun mendukung opsi pembayaran online memanfaatkan fitur NFC.   

Memudahkan Berbagi Informasi dan Koneksi 

Teknologi NFC juga banyak memudahkan pengguna saat hendak ingin berbagi informasi atau untuk menghubungkan perangkat. 

Saat Akan Membagikan Informasi 

Pengguna bisa berbagi informasi sederhana seperti kontak, link ke website maupun foto ke perangkat lain cukup dengan mendekatkan perangkat satu sama lain. 

Bahkan, NFC juga bisa dimanfaatkan untuk melacak informasi riwayat kesehatan, mengakses catatan medis seseorang oleh penyedia layanan kesehatan. 

Penggunaan Tag NFC 

Mekanisme penandaan ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi seperti jam operasional toko, alamat website dan detail lain cukup dengan memindai tag. 

Baca Juga:  Cara Pasang WhatsApp Web di Laptop dan Desktop PC Anti Gagal  

Tag NFC yang terpajang di toko memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi diskon ataupun penawaran khusus yang tersedia. 

Contoh lainnya seperti pada kartu pelajar atau ID karyawan, kartu dengan dukungan NFC bisa memudahkan akses ke gedung, perpustakaan maupun fasilitas lain. 

Menghubungkan Antar Perangkat 

Saat ini makin banyak produk yang mendukung opsi koneksi NFC untuk proses menghubungkan yang lebih praktis seperti speaker, headphone bahkan lampu wireless. 

Ya, sepertinya teknologi NFC ini akan lebih banyak diadopsi di dalam Internet of Things (IoT) dan rumah pintar. 

Memudahkan Proses Otentikasi 

Keamanan NFC juga memudahkan pengguna untuk keperluan autentikasi seperti halnya:  

Memudahkan Akses Kontrol 

Fungsi-fungsi NFC

Pengguna bisa menggunakan teknologi NFC untuk membuka kunci pintu, gerbang dan alat pengaman lain. 

Misalnya, pengguna bisa memanfaatkan HP dengan dukungan NFC untuk membuka kunci dan menyalakan mobil. 

Mempercepat Validasi Tiket 

Berbagai macam tiket seperti tiket kereta api, bus, dan acara juga bisa diperiksa keabsahannya lebih cepat melalui dukungan NFC.   

Akhir Kata 

Fungsi-fungsi NFC ini sepertinya akan terus berkembang dan potensi penggunannya dalam kehidupan sehari-hari cenderung bertambah seiring waktu. 

Dengan harga chip NFC yang makin murah dan samkin banyaknya penyedia layanan yang mendukung NFC, teknologi ini akan makin luas tersedia untuk lebih banyak kalangan. 

Selain itu, kebutuhan dan kesadaran akan koneksi yang mudah dan aman yang terus meningkat, kehadiran NFC seakan menjadi solusi yang menjanjikan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *