Cara Screenshot Telegram: Cara Mudah Mengambil Tangkapan Layar di Aplikasi Telegram

Diposting pada

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan keamanan yang tinggi, Telegram menjadi pilihan banyak pengguna untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah screenshot, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dari pesan, foto, atau video yang dikirim atau diterima. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara screenshot Telegram, berikut adalah panduan lengkapnya.

1. Menggunakan Tombol Fisik pada Perangkat Anda

Cara paling sederhana untuk mengambil tangkapan layar di Telegram adalah dengan menggunakan tombol fisik pada perangkat Anda. Caranya sangat mudah:

– Buka aplikasi Telegram dan buka pesan, foto, atau video yang ingin Anda screenshot.

– Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.

– Layar perangkat Anda akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Baca Juga:  Ending Bumi Manusia: Mengakhiri Keterbelakangan dan Menyongsong Masa Depan yang Cerah

Anda dapat menemukan tangkapan layar tersebut di galeri foto perangkat Anda. Jika Anda menggunakan Telegram di komputer, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol tertentu, seperti “Print Screen” atau “Alt + Print Screen”, untuk mengambil tangkapan layar.

2. Menggunakan Fitur Screenshot Bawaan di Telegram

Telegram juga menyediakan fitur screenshot bawaan yang memudahkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka aplikasi Telegram dan buka pesan, foto, atau video yang ingin Anda screenshot.

– Ketuk ikon “Share” di sebelah kiri bawah layar.

– Pilih opsi “Screenshot” dari menu yang muncul.

– Layar perangkat Anda akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Tangkapan layar tersebut akan secara otomatis disimpan di galeri foto perangkat Anda. Fitur screenshot bawaan ini sangat berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik atau kombinasi tombol tertentu.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak opsi dan fitur saat mengambil tangkapan layar di Telegram, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah:

Baca Juga:  Chord TKW Chordtela: Sumber Terbaik untuk Belajar Bermain Gitar

Screenshot Easy: Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur tangkapan layar, seperti tangkapan layar scroll, tangkapan layar dengan watermark, dan banyak lagi.

Screenshot: Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta fitur-fitur dasar untuk mengambil tangkapan layar.

AZ Screen Recorder: Selain dapat mengambil tangkapan layar, aplikasi ini juga dapat merekam layar perangkat Anda.

Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut melalui Google Play Store dan mengikuti petunjuk instalasi yang disediakan. Setelah terpasang, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengambil tangkapan layar di Telegram dengan cara yang lebih fleksibel.

Kesimpulan

Mengambil tangkapan layar di Telegram sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan tombol fisik pada perangkat Anda, fitur screenshot bawaan di Telegram, atau mengunduh aplikasi pihak ketiga yang menyediakan lebih banyak fitur. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari pesan, foto, atau video di Telegram tanpa kesulitan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *