Cara Repair Windows 10

Pilihan Cara Repair Windows 10 Sesuai Kondisi Kerusakan 

Diposting pada

Cara Repair Windows 10 dapat membantu pengguna untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada sistem operasi Windows 10. 

Dalam penggunaannya, Anda mungkin terkendala dengan sistem operasi pada laptop atau komputer entah karena update atau instalasi yang bermasalah. 

Nah, fitur bawaan ini memungkinkan Anda untuk keluar dari masalah tersebut dengan relatif mudah dan aman.    

Selain itu, Anda juga bisa memilih opsi perbaikan yang paling sesuai dengan situasi kerusakan OS yang Anda alami, apakah perlu instal ulang atau tidak. 

Bagaimana Cara Repair Windows 10 dan Apa yang Perlu Anda Ketahui? 

Fitur Repair Windows 10 adalah sebuah alat bantu yang tersedia secara bawaan di sistem operasi untuk memperbaiki masalah-masalah yang mungkin terjadi. 

Alat yang disediakan oleh Microsoft pada Windows ini memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah seperti file sistem yang rusak, booting yang tidak normal, atau aplikasi dan fitur yang tidak berfungsi. 

Untuk memudahkan pengguna, alat ini juga menyediakan berbagai opsi metode troubleshooting yang bisa pengguna pilih sesuai situasi. 

Cara Menggunakan Fitur Repair Windows

Namun perlu Anda ketahui pula bahwa masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut tingkat kesulitan dan durasi yang juga beragam. 

Ada beberapa cara untuk menggunakan fitur Repair Windows 10 untuk mengatasi kendala pada OS di laptop atau komputer Anda, antara lain: 

Menu Advanced Startup 

Cara Repair Windows 10

Anda bisa mengakses Startup Repair dari menu Advanced Startup yang dapat mencoba memperbaiki masalah yang menghalangi Windows 10 untuk memulai (booting) secara normal.  

Untuk mengakses menu ini, Anda bisa menekan tombol Shift sambil memilih Restart dari menu Start. 

Selain itu, Anda juga bisa membuka Startup repair ini dengan memasukkan CD atau USB instalasi Windows 10 ke laptop atau PC. 

Baca Juga:  R Download Shortcut iOS yang Mudahkan Download Konten Media 

Opsi System Restore 

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memilih opsi perbaikan melalui opsi System Restore yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi sistem ke titik pemulihan. 

Artinya, Anda harus sudah penah membuat atau memiliki titik pemulihan sebelum terjadi masalah pada Windows 10.  

Hal ini karena opsi ini akan membatalkan perubahan yang kemungkinan menajdi pemicu masalah pada Windows. 

Beberapa perubahan ini antara lain seperti instalasi program, driver maupun update yang dapat memicu masalah kompatibilitas atau lainnya.  

Anda bisa mengakses opsi ini dari menu Advanced Startup, atau dengan cara berikut:  

  1. Buka Control Panel kemudian klik bagian System and Security.  
  2. Setelah itu, masuk ke menu System dan pilih System Protection. 
  3. Selanjutnya Anda bisa mengakses pemulihan ke titik yang sudah Anda buat sebelumnya yang akan disortir berdasar urutan tanggal. 

Command Prompt 

Opsi lain yang juga bisa Anda manfaatkan untuk mengakses Windows Repair adalah menggunakan perintah: sfc dan dism dari cmd untuk memindai dan memperbaiki kerusakan file sistem.  

Cara Repair Windows 10

Perintah System File Checker (SFC) berguna untuk memeriksa integritas file sistem dan mengganti file yang rusak di folder %WinDir%\System32\dllcache.  

Sementara Deployment Image Servicing and Management (DISM) memanfaatkan Windows Update untuk menyediakan file untuk perbaikan kerusakan.  

Silakan jalankan (Run as administrator) Command Prompt dari menu Advanced Startup, atau ketikkan: cmd dari kotak pencarian Windows. 

Opsi Reset this PC 

Sesuai namanya, opsi ini akan melakukan pengaturan ulang atas laptop atau PC Anda dengan pilihan untuk mempertahankan file pribadi Anda atau menghapusnya. 

opsi yang sama dengan menginstal ulang Windows 10 ini akan mengembalikan sistem operasi seperti pada kondisi awal. 

Hanya saja, Anda masih bisa tetap menyimpan file pribadi seperti dokumen, foto, video, musik atau lainnya atau menghapusnya untuk instalasi yang benar-benar bersih. 

Anda bisa menggunakan opsi ini dengan langkah: 

  1. Buka Settings kemudian pilih Update and Security. 
  2. Selanjutnya masuk ke bagian Recovery.  
  3. Setelah itu, silakan pilih opsi reset sesuai preferensi Anda. 

Media Creation Tool 

Pilihan instal ulang lainnya adalah menggunakan Media Creation Tool untuk membuat CD atau USB instalasi Windows 10.  

Sama seperti opsi sebelumnya, cara ini akan menghapus semua data dan program yang ada di drive C: dan menginstal ulang Windows 10 dari awal.  

Baca Juga:  Macam-Macam WhatsApp Error dan Opsi Solusinya  

Alat ini bisa Anda dapatkan dari website Microsoft lalu menjalankannya di komputer lain untuk membuat media instalasi terlebih dahulu. 

Hal yang Perlu Anda Ketahui 

Pada dasarnya, fitur Repair Windows 10 ini tidak harus menghilangkan data pribadi pengguna, seperti halnya dokumen kerja, foto, musik, video atau lainnya.  

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan fitur ini, antara lain: 

Repair Windows Membutuhkan Internet 

Untuk menggunakan alat bawaan Windows ini, usahakan untuk menghubungkan laptop atau PC ke internet dengan koneksi yang kuat dan stabil. 

Selama proses perbaikan, tools ini mungkin perlu mengunduh pembaruan sistem operasi yang penting untuk proses repair.  

Apabila tidak dapat mengunduh, ada kemungkinan repair menjadi tidak atau kurang efektif.  

Lakukan Backup Terlebih Dahulu 

Usahakan untuk selalu membuat cadangan atau salinan data penting Anda di media penyimpanan eksternal atau cloud. 

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kegagalan atau kesalahan saat proses repair berjalan. 

Jangan Kesampingkan Masalah Cek Hardware   

Sebelum menuding kesalahan pada Windows, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan terhadap kondisi perangkat keras terlebih dulu. 

Silakan lihat seperti apa status dan kondisi hard disk, RAM atau motherboard di laptop atau CPU Anda untuk memastikan tidak ada kerusakan fisik.  

Hal ini karena Repair Windows tidak dapat memperbaiki kerusakan hardware atau justru dapat memperparah kerusakan karena terus dipaksa.  

Pemilihan Metode Repair 

Pengguna sebaiknya bisa memilih metode repair yang paling sesuai dengan situasi atau masalah yang sedang dihadapi.  

Opsi perbaikan melalui command prompt, Startup Repair atau System Restore seringkali sudah efektif untuk perbaikan ringan dan tidak mengganggu fungsi utama Windows 10.  

Namun untuk masalah yang berat hingga menghalangi penggunaan Windows, pilihan install ulang bisa jadi opsi terakhir. 

Akhir Kata 

Manakah cara Repair Windows 10 yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Tentunya hal ini akan dipengaruhi oleh kendala yang Anda alami. 

Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah membuat cadangan data penting sebelum mencoba melakukan perbaikan dengan opsi manapun. 

Semoga berhasil.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *