Cara Membuat Avatar WhatsApp

Cara Membuat Avatar WhatsApp untuk Chat yang Lebih Berkesan 

Diposting pada

Cara membuat avatar WhatsApp adalah langkah-langkah untuk membuat representasi diri yang lebih menarik dari sekedar foto. Ya, avatar mungkin sudah bukan hal baru di media sosial, termasuk di WhatsApp. Nah, Anda yang mungkin masih asing dengan avatar dan cara membuatnya di WhatsApp, silakan simak penjelasannya ini.  

Sekilas tentang Avatas dan Bagaimana Cara Membuat Avatar WhatsApp 

Tak sekedar gambar, avatar adalah representasi grafis dari pengguna atau karakter atau persona pengguna yang bisa berupa bentuk 2 dimensi (2D) maupun 3 dimensi (3D). Grafis ini kemudian menjadi ikon pengguna di internet atau media sosial. Avatar ini dapat mewakili pengguna dalam berbagai interaksi online, misalnya sebagai ikon seseorang di percakapan online hingga karakter di sebuah game online.  

Cara Membuat Avatar WhatsApp

Belakangan, avatar juga makin banyak terlihat di aplikasi chat hingga dunia virtual, tak terkecuali di aplikasi populer seperti WhatsApp. Dalam hal ini, umumnya avatar digunakan sebagai gambar profil hingga sticker untuk membuat percakapa semakin berkesan. Penggunaan avatar ini bisa menjadi cara baru yang lebih menarik ketimbang cara lama menggunakan foto diri atau edit gambar untuk membuat sticker secara manual. 

Aplikasi WhatsApp sendiri menerapkan pengujian fitur avatar pada 6 Desember 2022 yang lalu di versi beta untuk OS android dan iOS. Fitur ini kemudian rilis secara resmi untuk semua pengguna pada 14 Desember 2022. Di WhatsApp, avatar memungkinkan pengguna untuk membuat gambar digital menyerupai diri mereka sendiri untuk kemudian digunakan sebagai foto profil maupun dikirim sebagai stiker berbagai pose di obrolan WhatsApp. 

Baca Juga:  Cara Membatalkan Pesanan Maxim Food dan Solusi Tidak Bisa Cancel 

Untuk dapat menggunakan fitur avatar ini, pengguna perlu memastikan bahwa aplikasi WhatsApp mereka berada pada versi terbaru. Ini karena fitur avatar baru tersedia di WhatsApp versi 2.22.14.11. apabila Anda sudah lama tidak memperbarui aplikasi, silakan cek dan perbarui aplikasi WhatsApp Anda di Google Play Store atau App Store. 

Cara Membuat Avatar Diri Anda Sendiri di WhatsApp 

Nah, apabila Anda tak ingin ketinggalan dan ingin segera memiliki avatar Anda sendiri, silakan ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda dan pastikan aplikasi sudah versi terbaru 
  2. Selanjutnya, ketuk tiga titik (di kanan atas layar) untuk membuka opsi lanjutan 
  3. Setelah itu, pilih opsi Setelan kemudian ketuk ikon Profil untuk menampilkan foto profil, nama, dan informasi lain Anda saat ini  
  4. Ketuk pada gambar profil Anda tersebut untuk mengubahnya 
  5. Pada opsi Foto profil (di bagian bawah), silakan ketuk opsi Avatar 
  6. Anda akan melihat halaman tentang Avatar, ketuk Mulai 
  7. Anda bisa memilih membuat avatar dari prediksi foto selfie Anda dengan cara ketuk pada Ambil foto. Anda juga bisa memilih pembuatan avatar secara manual dengan ketuk tulisan Buat secara manual 
  8. Untuk opsi manual, Anda akan memulai proses pembuatan dari pemilihan warna kulit, gaya rambut, warna rambut, bentuk wajah dan pilih pakaian 
  9. Apabila Anda sudah merasa cukup, ketuk Selesai. Namun jika masih kurang, lanjutkan dengan mengetuk Personalisasi lainnya  
  10. Apabila sudah cukup, ketuk Selesai 

Setelah itu, kini Anda bisa menggunakannya sebagai foto profil, stiker atau status seperti cara menggunakan WhatsApp biasanya. 

Baca Juga:  Inilah Faktor dan Solusi Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Dibuka 

Tips Membuat Avatar yang Menarik  

Prediksi yang bisa algoritma WhatsApp hasilkan memang terbilang sudah cukup untuk menghasilkan avatar yang bagus. Namun apabila Anda merasa prediksi tersebut masih kurang menarik, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat avatar WhatsApp yang lebih menarik: 

Selfie untuk Referensi 

Sama halnya dengan yang aplikasi WhatsApp lakukan, Anda sebaiknya tetap menggunakan referensi untuk membuat avatar Anda bisa merepresentasikan diri Anda dengan tepat. Jangan sampai orang tak lagi mengenali Anda karena avatar yang terlalu berbeda dari penampilan Anda. Selain itu, foto selfie juga memudahkan Anda dalam menentukan opsi kustomisasi yang ada. 

Sesuaikan detail penunjang 

Setelah Anda memiliki referensi utama, kini Anda pun dapat menentukan mana saja bagian yang harus mencerminkan diri Anda dan mana yang bebas untuk Anda sesuaikan. Misalnya, Anda bisa bereksperimen dengan gaya dan warna rambut. Atau Anda bisa mencoba kombinasi pakaian untuk gaya lain yang mencerminkan pribadi Anda.  

Kreasikan berbagai kombinasi elemen avatar 

Karena sudah ada referensi utama, maka Anda pun bisa lebih bebas dalam berkreasi mengombinasikan berbagai elemen aksesoris avatar. Anda bisa mencoba pasangan berbagai macam pakaian dan gaya yang selaras sehingga menghasilkan avatar yang unik.  

Akhir Kata 

Cara membuat avatar WhatsApp memang terbilang mudah. Namun opsi kustomisasi dan selera bisa saja membuat proses pembuatan grafis ini bisa cukup lama. Seperti apapun avatar yang ingin Anda buat, fitur ini tetap bertujuan untuk membuat obrolan WhatsApp Anda jadi lebih menarik dan berkesan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *