Antena TV Digital

Ini Rekomendasi Antena TV Digital dan Tips Memilihnya   

Diposting pada

Antena TV Digital adalah alat yang mampu menangkap sinyal digital dari stasiun penyiaran dan mengirimkannya ke TV. Alat ini biasa terpasang di luar ruangan di atas atap rumah, meskipun sebagian juga mulai banyak terpasang di dalam ruangan. Nah, jika Anda berencana untuk membeli alat ini, tak ada salahnya menyimak daftar rekomendasinya berikut. 

Bagaimana Cara Memilih Antena TV Digital yang Bagus? 

Saat ini, sudah semakin banyak pilihan antena untuk TV digital yang ada di pasaran, baik yang indoor maupun outdoor. Sayangnya, banyak pilihan ini bisa saja membuat Anda merasa bingung menentukan pilihan. Untuk memudahkan Anda, Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk antena TV khusus digital murah dan tips memilih yang ideal sebagai referensi.   

Daftar Rekomendasi Produk Antena TV Digital  

Anda sudah bisa mendapatkan produk antena untuk menangkap siaran digital di wilayah Anda dengan harga mulai Rp30.000 berikut ini: 

Taffware Antena TV Digital DVB-T2 

Antena TV Digital

Produk antena TV pertama ini adalah jenis indoor yang artinya tidak mengharuskan Anda untuk memasang tiang di atap rumah. Anda bisa menempel antena ini di dinding atau bahkan di atas meja TV Anda di rumah. Dengan harga sekitar Rp30.000 saja, antena ini sudah cukup untuk menangkap sinyal digital.   

Baca Juga:  Lengkap, Cara Menghapus Subscription di YouTube di HP, PC dan Website  

Toyosaki AIO 235SC 

Rekomendasi kedua adalah antena indoor dan outdoor yang lengkap dengan penguat (booster) dan remote control. Adanya remote control memudahkan Anda dalam menyesuaikan arah antena saat penangkapan sinyal kurang optimal. Dengan banderol Rp120.000, antena ini juga terbilang sudah cukup handal untuk menangkap sinyal analog maupun digital saat ini. 

PX DA-5120 

Antena TV digital indoor dan outdoor dalam daftar rekomendasi ini menjanjikan penangkapan sinyal yang lebih kuat lagi. Dengan harga sekitar Rp135.000, antena ini sanggup menangkap sinyal UHF dan VHF dengan baik dengan model yang ringkas dan kesan modern untuk menunjang penampilan rumah Anda. 

PX HDA-5600 

Rekomendasi antena murah terbaik selanjutnya ini ideal bagi Anda yang harus memasang antena di luar ruangan (outdoor). Produk ini hadir dengan desain aerodinamis dan bahan anti karat yang membuatnya lebih tahan dengan berbagai kondisi cuaca. Anda bisa menebus antena ini dengan harga sekitar Rp150.000 untuk penangkapan sinyal UHF, VHF, dan FM dengan kualitas optimal.  

Tips Memilih Produk Antena TV Digital Murah Terbaik untuk Anda 

Berikut adalah beberapa tips memilih produk antena TV digital terbaik yang bisa Anda gunakan: 

Pilih Sesuai Penempatan Antena (indoor atau outdoor) 

Tentu saja, pertama Anda harus menentukan apakah memasang antena tersebut di dalam ruangan rumah atau di luar. Pemasangan antena indoor biasanya lebih mudah dan tidak memerlukan kabel panjang, namun kualitas sinyal bergantung pada lokasi rumah. Sementara antena outdoor bisa menangkap sinyal lebih kuat, namun membutuhkan instalasi yang lebih rumit dan kabel yang lebih banyak. 

Baca Juga:  Ini 3 Opsi Cara Nonton Siaran TV Digital  

Pilih Sesuai Jenis TV 

Ukuran antena TV digital juga mempengaruhi penerimaan kualitas siaran. Jika Anda menggunakan TV tabung, sebaiknya pilih antena yang besar dan lebar agar bisa menangkap sinyal analog dan digital dengan baik. Sementara Anda menggunakan TV LED atau LCD, Anda bisa memilih antena indoor yang lebih kecil dan ramping agar tidak mengganggu tampilan TV Anda. 

Pertimbangkan Antena yang Menggunakan Kabel Coaxial 75 Ω 

Kabel coaxial adalah kabel yang menghubungkan antena dengan TV atau set top box. Kabel ini memiliki nilai impedansi atau hambatan listrik yang berbeda-beda, mulai dari 50 Ω hingga 300 Ω. Untuk antena sinyal digital, sebaiknya pilih kabel coaxial dengan impedansi 75 Ω untuk menekan risiko gangguan sinyal sekaligus meningkatkan kualitas gambar dan suara. 

Pertimbangkan Dukungan Booster 

Booster adalah alat tambahan penguat sinyal yang menghubungkan antena dan STB atau smartTV atau set top box. Dukungan booster akan sangat bermanfaat apabila rumah Anda berlokasi di lokasi yang jauh dari pemancar, atau terdapat banyak penghalang sinyal seperti gedung atau gunung.   

Pertimbangkan Brand Terpercaya 

Berhubungan dengan kualitas, Anda bisa lebih mempertimbangkan reputasi brand produsen antena. Beberapa merek terpercaya saat ini antara lain seperti PX, Toyosaki, Taffware, Sanex, OASE, Aoki dan beberapa lainnya.Jadi, meskipun harga antena yang Anda beli relatif murah, namun barang tersebut berkualitas atau tidak murahan. 

Akhir Kata 

Antena TV Digital menjadi alat yang krusial apabila Anda ingin menikmati siaran televisi dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda memilih antena yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bukan sekedar murah agar tidak kecewa di kemudian hari.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *