Pengertian Penjumlahan dan Pengurangan

Diposting pada

Apa itu Penjumlahan?

Penjumlahan adalah operasi matematika dasar yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih bilangan menjadi satu bilangan yang disebut hasil penjumlahan. Dalam penjumlahan, bilangan-bilangan yang digabungkan disebut sebagai “jumlah” atau “angka yang akan dijumlahkan”. Tanda tambah (+) digunakan untuk menandakan operasi penjumlahan.

Apa itu Pengurangan?

Pengurangan adalah operasi matematika dasar yang digunakan untuk mengurangi satu bilangan dengan bilangan lainnya. Dalam pengurangan, bilangan yang dikurangi disebut sebagai “pengurang” dan bilangan yang dikurangkan disebut sebagai “pembilang”. Tanda minus (-) digunakan untuk menandakan operasi pengurangan.

Contoh Penjumlahan dan Pengurangan

Untuk lebih memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, berikut adalah contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari:

Contoh Penjumlahan:

1. Jika kamu memiliki 3 apel dan membeli 2 apel lagi, maka jumlah apel yang kamu miliki adalah 3 + 2 = 5 apel.

Baca Juga:  Taksonomi Bloom C1-C6: Panduan Lengkap untuk Memahami dan Mengimplementasikannya

2. Jika kamu memiliki 7 pensil dan temanmu memberikan 4 pensil lagi, maka jumlah pensil yang kamu miliki adalah 7 + 4 = 11 pensil.

Contoh Pengurangan:

1. Jika kamu memiliki 10 kelereng dan memberikan 3 kelereng kepada temanmu, maka sisa kelereng yang kamu miliki adalah 10 – 3 = 7 kelereng.

2. Jika kamu memiliki 15 buku dan menjual 5 buku, maka sisa buku yang kamu miliki adalah 15 – 5 = 10 buku.

Manfaat Penjumlahan dan Pengurangan

Penjumlahan dan pengurangan memiliki manfaat yang penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang ilmu pengetahuan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Menghitung Jumlah atau Total

Penjumlahan digunakan untuk menghitung jumlah atau total dari suatu kelompok bilangan. Misalnya, ketika menghitung total belanjaan di supermarket atau jumlah poin dalam permainan.

2. Menghitung Selisih

Pengurangan digunakan untuk menghitung selisih antara dua bilangan. Misalnya, ketika menghitung selisih antara dua angka dalam statistik atau saat mencari selisih harga.

3. Menyelesaikan Masalah Matematika

Penjumlahan dan pengurangan merupakan dasar dari berbagai konsep matematika yang lebih kompleks. Dengan memahami konsep ini, kita dapat menyelesaikan berbagai masalah matematika dengan lebih mudah.

Baca Juga:  Apa Itu Timer Default di WhatsApp?

Kesimpulan

Penjumlahan dan pengurangan adalah operasi matematika dasar yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Penjumlahan digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih bilangan menjadi satu, sedangkan pengurangan digunakan untuk mengurangi satu bilangan dengan bilangan lainnya. Penjumlahan dan pengurangan memiliki manfaat dalam menghitung jumlah, menghitung selisih, dan menyelesaikan masalah matematika. Dengan memahami konsep ini, kita dapat mengaplikasikannya dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari dan bidang ilmu pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *