Cara Mengaktifkan Subscribe di YouTube

Cara Mengaktifkan Subscribe di YouTube dan Tips Atasi Kendalanya 

Diposting pada

Cara mengaktifkan subscribe di YouTube adalah langkah untuk memungkinkan penonton berlangganan notifikasi setiap kreator menunggah video baru. Subsciption atau berlangganan memang sudah menjadi salah satu sarana yang paling banyak kreator manfaatkan untuk terus menjalin engagement dengan para viewers sehingga berkontribusi positif dalam pengembangan channel. Nah, apabila Anda juga ingin memanfaatkan fitur ini di video dan channel, silakan baca artikel kali ini hingga tuntas. 

Penjelasan dan Cara Mengaktifkan Subscribe di YouTube 

Cara Mengaktifkan Subscribe di YouTube

Salah satu fitur yang banyak dicari oleh pengguna YouTube adalah fitur subscribe, yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti perkembangan channel favorit mereka. Bagi penonton, fitur ini akan memberitahukan pengguna saat ada postingan baru dari YouTubers yang mereka minati. Sementara bagi kreator, fitur ini membantu meningkatkan pendapatan dan loyalitas penonton Anda.  

Melalui fitur langganan notifikasi ini, penonton atau pelanggan bisa mendapatkan notifikasi setiap kali YouTuber mengunggah video baru maupun video eksklusif. Lebih jauh, Youtuber juga bisa menawarkan berbagai manfaat tambahan bagi akun yang sudah menjadi pelanggan channel. Manfaat tambahan ini bisa berupa akses ke komunitas khusus, diskon produk atau bahkan konten khusus. 

Nah, untuk mengaktifkan fitur subscribe pada video YouTube, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Silakan buka YouTube kemudian login ke akun Anda  
  2. Berikutnya, klik ikon profil (di kanan atas layar) kemudian pilih YouTube Studio 
  3. Pada halaman YouTube Studio, klik Monetisasi (di menu kiri) 
  4. Setelah halaman Monetisasi terbuka, klik Mulai (di Program Mitra YouTube) 
  5. Silakan baca dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan pengajuan aplikasi Program Mitra YouTube, di antaranya menyetujui persyaratan dan kebijakan, memilih preferensi iklan serta menghubungkan akun AdSense  
  6. Apabila pengajuan berhasil, Anda akan menerima email konfirmasi dari YouTube lalu Anda perlu menunggu proses peninjauan yang lamanya bisa sampai 1 bulan  
  7. Setelah pengajuan aplikasi Anda disetujui, maka Anda sudah bisa mengaktifkan fitur subscribe pada video Anda 
  8. Silakan klik Video (di menu kiri YouTube Studio) kemudian pilih video yang ingin Anda berikan tombol subscribe 
  9. Pada halaman detail video, silakan klik tab Monetisasi  
  10. Kemudian aktifkan opsi Subscribe (di bawah Jenis Iklan)  
  11. Apabila semua sudah sesuai, klik Simpan perubahan  
  12. Silakan ulangi langkah di atas untuk menerapkan subscribe pada video lain di YouTube Anda  
Baca Juga:  Foto Sertifikat Lulus EP Free Fire, Bukti Pencapaian Anda yang Membanggakan 

Penyebab dan Tips Mengatasi Fitur Subscribe YouTube tidak Aktif

Pada beberapa kasus, pengguna tidak dapat mengaktifkan fitur subscribe pada video YouTube mereka. Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, antara lain adanya kesalahan sistem, terkena pembatasan akun, atau masalah lain. Untuk mengatasinya, silakan coba beberapa tips berikut sesuai kemungkinan penyebabnya: 

Video tidak memenuhi standar kelayakan YouTube 

Untuk bisa menggunakan fitur subscribe, video Anda harus memiliki konten yang sesuai dengan pedoman komunitas YouTube, tidak melanggar hak cipta, dan tidak mengandung materi yang sensitif atau berbahaya. YouTube dapat menonaktifkan fitur subscribe atau bahkan menghapus video Anda jika terbukti melanggar. Coba periksa kembali, apakah video yang Anda pilih ada kemungkinan melanggar salah satu dari ketentuan ini atau tidak.  

Kesalahan pada status video  

Fitur subscribe hanya tersedia untuk video yang sudah dipublikasikan di YouTube, artinya bukan video yang masih berstatus pribadi, draft, rahasia atau malah tidak terdaftar. Periksa apakah Anda sudah memilih opsi Publikasikan ketika upload. Silakan ubah status video Anda menjadi publik dengan membuka pengaturan video tersebut di YouTube. 

Baca Juga:  3 Cara Menyambungkan YouTube ke TV Jika Tak Punya SmartTV 

Durasi video yang terlalu panjang atau terlalu pendek 

sebagai informasi, fitur subscribe ini hanya berfungsi untuk video yang memiliki durasi antara 30 detik hingga 12 jam. Apabila video Anda lebih pendek atau lebih panjang dari rentang tersebut, maka fitur subscribe kemungkinan tidak bisa muncul pada video. Mengatasinya, Anda bisa menyesuaikan durasi video sesuai rentang tersebut. 

Masalah teknis pada video 

Pada kondisi tertentu, fitur subscribe tidak dapat muncul karena gangguan jaringan, kesalahan sistem, atau bug pada aplikasi YouTube. Silakan periksa koneksi internet, perbarui aplikasi YouTube atau menghapus cache dan data YouTube di perangkat Anda.  

Akhir Kata 

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mengaktifkan subscribe di YouTube dan tips yang bisa Anda coba saat fitur tersebut tidak dapat Anda akses. Jangan ragu untuk menghubungi bantuan YouTube apabila masalah yang Anda alami masih belum juga teratasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *