Cara Cetak S29E dan SKBK di Simpatika

Begini Cara Cetak S29E dan SKBK di Simpatika dan Tips Anti Gagal   

Diposting pada

Cara cetak S29E dan SKBK di Simpatika adalah langkah-langkah untuk mengunduh dokumen tersebut kemudian mencetaknya menggunakan printer secara mandiri. Selain panduan langkah, tak ada salahnya pula Anda menyimak beberapa tips untuk mengatasi kendala selama mengajukan print out kedua dokumen tersebut. Dengan demikian, Anda bisa segera menggunakan dokumen tersebut sesuai kebutuhan Anda. 

Cara Cetak S29E dan SKBK di Simpatika dan Tipsnya   

Sebagai informasi, S29E dan SKBK adalah dokumen yang menjadi syarat untuk mengurus administrasi kepegawaian bagi guru. S29E sendiri merupakan Surat Keputusan Penetapan Angka Kredit (SKPAK) yang berisi informasi tentang kenaikan pangkat dan golongan guru. Sementara, SKBK adalah Surat Keterangan Bukti Kerja (SKBK) yang berisi informasi tentang riwayat pendidikan, jabatan, dan pengabdian guru. 

Cara Cetak S29E dan SKBK di Simpatika

Kedua dokumen pribadi ini dapat pemiliknya akses melalui platform Simpatika. Untuk dapat mengunduhnya, pengguna perlu login ke akun Smpatika mereka kemudian mengunduh dokumen tersebut. Setelah itu, barulah pengguna dapat mencetak dokumen tersebut menggunakan printer mereka. 

Baca Juga:  Cara Transfer Saldo Shopeepay dan Solusi Tidak Bisa Transfer 

Cara Print Out S29E dan SKBK di Simpatika 

Cara cetak S29E dan SKBK di Simpatika secara online adalah sebagai berikut: 

  1. Buka website Simpatika berikut ini https://simpatika.kemenag.go.id 
  2. Setelah halaman berhasil terbuka, silakan masukkan username dan password sesuai akun yang Anda miliki 
  3. Berikutnya, pilih menu Data Pribadi kemudian klik Lihat Data Pribadi 
  4. Setelah Anda berada di halaman data pribadi, silakan klik tombol Cetak S29E atau Cetak SKBK sesuai dengan dokumen mana yang ingin Anda cetak 
  5. Lanjutkan dengan memilih format file yang Anda inginkan (PDF atau Word) di halaman cetak dokumen 
  6. Apabila sudah memilih format, klik Unduh  
  7. Tunggu hingga proses unduh dokumen tersebut sdelesai 
  8. Setelah download selesai, buka folder download di PC atau laptop kemudian buka dokuemn tersebut menggunakan aplikasi yang sesuai  
  9. Setelah dokumen S29E atau SKBK terbuka, silakan print dokumen tersebut ke kertas yang sesuai menggunakan printer yang telah terhubung ke perangkat Anda 

Tips Mengatasi Tidak Bisa Print Out S29E dan SKBK di Simpatika 

Umumnya, kendala yang pengguna alami saat mencoba mencetak kedua sokumen tersebut di platform Simpatika adalah kendala login. Apabila pengguna tidak dapat login ke akun, jelas mereka tidak dapat mengakses data pribadi yang memuat dokumen penting tersebut. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu bahkan membuat frustasi. 

  • Pastikan Anda terhubung ke Simpatika melalui perangkat yang terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil dan kuat. Anda juga bisa mencoba opsi tethering dari ponsel apabila wifi sedang bermasalah. 
  • Jika Anda tidak bisa login, cek kembali apakah Anda sudah memasukkan username dan password yang benar. Jika Anda lupa username atau password Anda, klik tombol “Lupa Password” dan ikuti petunjuknya. 
  • Silakan masukkan email Anda yang terdaftar di Simpatika. Anda akan mendapatkan email yang berisi tautan untuk membuat password baru. Silakan ikuti petunjuknya dan buat password baru yang kuat dan mudah diingat. 
Baca Juga:  Incubator 3 in 1 Free Fire Skin, Dapatkan 3 Skin Sekaligus 

Akhir Kata 

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara cetak S29E dan SKBK di Simpatika dan beberapa tips untuk mencoba mengatasi tidak dapat login. Pastikan Anda terhubung dengan koneksi yang kuat dan stabil agar proses login dan permintaan data Anda dapat berjalan lancar. Selain itu, pastikan Anda mengingat username dan password akun Simpatika, karena kredensial ini penting dan akan Anda gunakan untuk kebutuhan pekerjaan dan bersifat jangka panjang.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *